Toyota Luncurkan Mobil Baru Bulan Depan, Agya Versi Crossover?

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 06 Okt 2021 12:20 WIB
Toyota Aygo X meluncur di Eropa bulan November 2021
Foto: Paultan. Toyota Aygo X meluncur di Eropa bulan November 2021.
Jakarta -

Toyota mengonfirmasi peluncuran produk baru di Eropa pada November 2021 nanti. Jika dilihat dari foto-foto mobil konsepnya yang beredar, mirip sekali seperti Toyota Agya yang disulap jadi mobil crossover. Tapi ternyata itu adalah Toyota Aygo X, mobil buatan Ceko yang dipasarkan di Eropa.

Aygo X sendiri merupakan model terbaru dari city car Aygo. Aygo model sebelumnya memiliki desain yang mirip-mirip dengan Agya. Tapi tentunya desain Toyota Aygo lebih mewah khas mobil-mobil Eropa.

Dilansir dari Paultan, mobil konsep Aygo X Prologue kali pertama diperkenalkan pada Maret 2021 lalu. Mobil ini mengusung desain crossover mungil untuk menjadi pengganti Aygo.

Toyota Aygo untuk EropaToyota Aygo versi city car Foto: Toyota

Toyota memberi nama mobil ini All New Aygo X. Aygo X masuk dalam kategori crossover segmen-A dan akan melanjutkan generasi kedua Aygo yang kali pertama dirilis tahun 2014.

Sekadar informasi, generasi pertama Aygo kali pertama hadir di Eropa pada tahun 2005. Mobil ini diplot sebagai bagian dari trio yang meliputi Citroen C1 dan Peugeot 107.

Toyota mengatakan bahwa Aygo X adalah mobil dengan perubahan besar yang direncanakan dan dikembangkan di Eropa. Mobil ini dikembangkan Toyota Motor Eropa dan diproduksi di Eropa, tepatnya di Kolin, Republik Ceko.

Toyota Aygo X meluncur di Eropa bulan November 2021Toyota Aygo X meluncur di Eropa bulan November 2021 Foto: Paultan

Menyinggung spesifikasi, Aygo X diklaim dibangun di atas platform GA-B dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini sudah digunakan Toyota Yaris dan Yaris Crossover terbaru.

"Dengan Aygo X Prologue, saya yakin kami telah menunjukkan bahwa mobil kecil tetap bisa menjadi besar dan berani dalam kepribadian," kata Ken Billes, Asisten Kepala Desainer Toyota Europe Design Development (ED2).

"Kegembiraan dan keceriaan selalu menjadi inti dari Aygo. Sekarang, kami telah menambahkan sedikit 'bumbu pedas' ke DNA-nya," tambah Lance Scott, Direktur Desain di ED2.

Toyota Aygo X dijadwalkan dirilis pada awal November 2021. Menarik ditunggu nih, detikers.

Lihat juga video 'Sabar! Daihatsu Xenia Generasi Baru Tak Akan Meluncur di GIIAS 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(lua/din)