Wuling Bikin Mobil Listrik Murah di RI Tahun Depan, Mobil di Bawah Rp 100 Juta Jadi Kenyataan?

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 24 Sep 2021 16:06 WIB
Wuling Hongguang Mini EV
Wuling Hongguang Mini EV, salah satu mobil listrik murah Wuling. Akankah diproduksi di Indonesia? Foto: Wuling.
Jakarta -

Wuling dilaporkan akan memproduksi mobil listrik kecil di Indonesia. Di China, Wuling sudah memiliki mobil listrik mungil, namanya Wuling Hongguang MINI EV. Mobil listrik itu tergolong sangat murah. Di China, mobil itu dijual dengan harga setara Rp 60 jutaan. Mobil listrik murah Wuling Hongguang MINI EV itu menggunakan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV).

SAIC-GM-WUling berencana untuk meluncurkan beberapa mobil listriknya mulai tahun 2022. Tak cuma di China, mobil listrik Wuling itu akan diluncurkan di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Wuling menyebut akan memperkenalkan mobil listrik dengan platform GSEV seperti Wuling Hongguang MINI EV.

"Mulai tahun 2022, kami akan meluncurkan beberapa model yang dibangun di atas GSEV secara bersamaan di pasar China dan luar negeri," kata Shao Jie, seorang eksekutif SAIC-GM-Wuling dikutip China Daily.

Shao tidak menginformasikan negara mana mobil listrik mungil seperti Wuling Hongguang MINI EV dijual. Tapi, dia mengatakan Wuling dijadwalkan untuk memulai produksi mobil listrik dengan platform GSEV di Indonesia mulai akhir 2022.

Anak perusahaan SAIC-GM-Wuling di Indonesia juga membantu merancang standar dan kebijakan industri NEV (new energy vehicle). Sebab, Indonesia juga sedang mempercepat peralihannya menuju era elektrifikasi kendaraan.

"Kami akan berpartisipasi aktif dalam penyusunan kebijakan NEV dan standar industri yang relevan. Dan kami akan berbagi pengalaman kami di segmen ini dengan pemerintah Indonesia untuk mendorong pengembangan lokal segmen tersebut," kata Wuling dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier dalam diskusi virtual yang diselenggarakan dalam Forum Energizing Indonesia (FEI) Rabu (28/7/2021) sempat membocorkan bahwa Wuling akan memproduksi mobil listrik di Indonesia.

"Untuk (produksi) mobil listrik baru akan 2022 itu nanti Hyundai akan bangun di sekitar Cikarang, dan nanti akan masuk juga beberapa pabrikan seperti Wuling itu juga masuk di sini," kata Taufiek.

[Halaman Selanjutnya: Mobil Listrik Murah Wuling Diduga Sudah Hadir di Indonesia]

Mobil listrik mungil nan murah Wuling diduga sudah masuk ke Indonesia. Hal ini terlihat dari video berdurasi 4 menit 33 detik yang sempat beredar dan diunggah oleh akun YouTube Lukman Avengers pada Senin (26/7). Terlihat sebuah mobil compact yang mirip dengan Wuling Hong Guang Mini EV.

Pengunggah video juga mendekati data kendaraan tersebut yang menempel pada kaca mobil. Informasi yang tertulis mobil tersebut dikirim dari Xinsha, sebuah pelabuhan yang terletak di Provinsi Guangdong, China.

Data lain yang terlihat ialah kode VINLK6ADAE18NV283766, sementara modelnya ialah E50 EV. Terlihat juga mobil kuning dengan label Macaron. Seperti diketahui Wuling Hong Guang Mini EV hadir dengan versi baru pada April lalu, namanya Macaron.



Simak Video "Mobil Listrik Murah dari Wuling Laku Keras di China, Hajar Penjualan Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)