Punya Pabrik di Indonesia, Harga Mobil Listrik Hyundai Bakal Lebih Murah?

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 23 Sep 2021 09:09 WIB
Tim detikcom membuktikan seberapa tangguh mobil listrik bisa dikendarai untuk perjalanan jarak jauh. Hyundai Ioniq langsung gas Jakarta-Bali.
Hyundai Ioniq listrik Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Persaingan industri otomotif di Indonesia bakal semakin menarik setelah produsen mobil asal Korea Selatan Hyundai ikut berinvestasi dengan mendirikan pabrik di Indonesia. Terlebih pabrik ini memang didedikasikan untuk bisa melahirkan mobil listrik, yang notabene langkah ini belum dilakukan oleh pabrikan lainnya.

Tapi apakah memungkinkan berdirinya pabrik Hyundai di Indonesia bisa membuat harga jual mobil listrik Hyundai di Indonesia menjadi lebih murah?

Rupanya tidak sesederhana itu, detikers. Soalnya ada banyak faktor untuk menentukan harga jual.

"Berbicara tentang harga dari sebuah mobil listrik, tentunya banyak faktor yang harus menjadi pertimbangan. Mulai dari berbagai macam fitur yang disematkan ke dalam produk tersebut. Dan juga dari kapasitas baterai yang digunakan, yang secara langsung akan berpengaruh kepada jarak tempuh dari mobil listrik," kata Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur kepada detikOto.

Tampilan luar Hyundai Kona Electric Facelift 2021Tampilan luar Hyundai Kona Electric Facelift 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Makmur menambahkan untuk bisa menentukan harga jual dari satu produk termasuk mobil listrik, diperlukan riset terlebih dahulu.

"Tentunya akan ada berbagai riset yang dilakukan terlebih dahulu serta masukan dari konsumen ketika ingin menentukan sebuah produk termasuk produk mobil listrik," ujar Makmur.

Saat ini Hyundai menawarkan 2 produk listrik di Indonesia, yakni Hyundai Ioniq EV dan Hyundai Kona EV. Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya Hyundai Ioniq Electric Prime AT dihargai Rp 637 juta, sedangkan Hyundai Kona Electric Signature AT Rp 697 juta.



Simak Video "Punya Pabrik di RI, Harga Mobil Listrik Hyundai Bakal Lebih Murah?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)