Penjualan Model Lawas Honda BR-V Lesu, Versi Terbarunya Bisa Laku Berapa Banyak?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 22 Sep 2021 11:26 WIB
All New Honda BR-V
All New Honda BR-V Foto: Honda Prospect Motor
Jakarta -

All New Honda BR-V mendapat penyegaran dari berbagai sisi. PT Honda Prospect Motor (HPM) percaya diri mobil LSUV andalannya ini bisa menggairahkan pasar otomotif. Berapa target BR-V tahun 2022?

"Target penjualan 2022 40 ribu, itu disesuaikan dengan kondisi, dan permintaan konsumen," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy dalam konferensi pers, Selasa (21/9/2021).

Mobil yang mengambil basis dari N7X ini baru akan dikirim ke konsumen pada Januari 2022. Sedangkan bagi yang berminat sudah bisa melakukan pemesanan.

Generasi kedua Honda BR-V menjadi mobil yang pertama kali menggunakan fitur keselamatan aktif di kelas Low SUV.

All New Honda BR-V tersedia lima varian dengan pilihan transmisi CVT dan Manual, yang disebut menggunakan dapur pacu City Hatchback. All New BR-V menggunakan mesin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC yang bisa menghasilkan power maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.300 rpm.

All New Honda BR-VAll New Honda BR-V Foto: Honda Prospect Motor

All New BR-V tersedia dalam 5 varian, di antaranya, S (M/T), E (CVT), E (M/T), Prestige CVT, dan Prestige with Honda Sensing (CVT). All New Honda BR-V hadir dengan 5 pilihan warna, Premium Opal White Pearl, yang merupakan warna baru, Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, dan Crystal Black Pearl.

Sudah saatnya ganti model

Memang tren penjualan BR-V kian merosot dari tahun ke tahun. Pertama kali dipajang dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2015 lalu. Tapi mulai dilepas ke pasar pada tahun 2016. Kala itu, antusias masyarakat akan BR-V cukup terlihat.

Jika pada saat pertama kali diluncurkan Honda bisa melepas 6.000-an unit BR-V per bulannya, wajah BR-V generasi pertama itu pun sulit menembus 2.000 unit.

Dikutip dari data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada tahun pertamanya itu, rata-rata setiap bulannya Honda bisa mendistribusikan 3.223 unit BR-V. Total selama 2016, 38.666 unit BR-V didistribusikan dari pabrik ke dealer Honda.

Masuk di tahun kedua, distribusi BR-V langsung menukik. Tahun 2017, 21.932 unit BR-V terkirim ke seluruh Indonesia.

All New Honda BR-VAll New Honda BR-V Foto: Honda Prospect Motor

Penjualan BR-V juga belum mengalami peningkatan di tahun ketiga. BR-V anjlok lebih dari 50 persen dari tahun sebelumnya, yakni hanya 9.140 unit.

Honda pun melakukan penyegaran pada saat gelaran IIMS 2019, hasilnya? wajah baru BR-V baru mengirimkan 4.085 unit ke seluruh Indonesia. Pun pada tahun 2020 dilanda pandemi, membuat pabrik tutup sementara. Honda BR-V baru terdistribusi 1.468 unit.



Simak Video "Ini Wujud dan Harga All New Honda BR-V"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)