Ini Teknologi Canggih Honda All New BR-V untuk Kalahkan Terios-Rush

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 21 Sep 2021 17:28 WIB
Jakarta -

All New BR-V melakukan debut global di Indonesia, Selasa (21/9/2021). Mobil ini merupakan produksi masal dari N7X Concept (New 7-seater eXcitement). Generasi kedua Honda BR-V menjadi mobil yang pertama kali menggunakan fitur keselamatan aktif di kelas Low SUV.

All New BR-V menggantikan model yang pertama kali diperkenalkan sejak tahun 2015. Tampilannya benar-benar berubah, dari sudut eksterior, interior, hingga dapur pacu serba baru.

"Honda akan membagikan kesenangan melalui mobil 7-seater terbaru yang akan mendefinisikan kembali pengalaman berkendara anda, mari kita sambut, All New Honda BR-V," tutur Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) Takehiro Watanabe dalam sesi peluncuran virtual, Selasa (21/9/2021).

Tampilan depan eksterior All New Honda BR-V berbeda dengan generasi lawas. Pada bagian fascia All New Honda BR-V, kini menampilkan desain baru LED Headlamp yang dilengkapi LED Daytime Running Light yang menyatu dengan grille depan.

Pada sisi belakang, All New Honda BR-V juga mengusung desain baru pada Rear Combi Lamp yang dilengkapi dengan LED Light Bars dirancang menyatu dengan garis bodi. Sementara dari samping, kesan tangguh dari sebuah SUV semakin kuat dengan desain velg baru berukuran 17".

Pertama di kelas LSUV pakai teknologi keselamatan aktif

All New Honda BR-V juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Remote Engine Start yang berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum masuk ke dalam kendaraan. Fitur lainnya, seperti Walk-Away Auto Lock berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil.

Tak berhenti di sana, tersemat juga fitur Honda LaneWatchTM, yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot, Smart Entry System untuk mempermudah masuk ke dalam kendaraan tanpa menggunakan kunci, dan Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal di mana spion dapat menutup otomatis ketika mobil terkunci.

All New Honda BR-VAll New Honda BR-V Foto: Honda Prospect Motor

All New BR-V masih menjadi pertama di kelas Low SUV (LSUV) yang memiliki paket fitur keselamatan aktif Honda Sensing. Sebelumnya fitur ini hanya tersedia pada Honda CR-V, Accord, dan Odyssey. Namun pada kali tersedia pada varian All New BR-V Prestige dengan Honda Sensing (tipe tertinggi).

Berikut ini fitur Honda Sensing di Honda BR-V yang hanya tersedia untuk model tertinggi (BR-V Prestige CVT with Honda Sensing):

  • Lead Car Departure Notification System (LCDN), sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh.
  • Collision Mitigation Brake SystemTM (CMBSTM), merupakan sistem yang membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBSTM didesain untuk memberi tanda atau peringatan ketika potensi berbenturan dapat terjadi, dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan.
  • Lane Keeping Assist System (LKAS), membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur.
  • Road Departure Mitigation (RDM), berfungsi untuk memberikan peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar.
  • Adaptive Cruise Control (ACC), membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti.
  • Auto-High Beam, sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.
All New Honda BR-VAll New Honda BR-V Foto: Honda Prospect Motor

Beberapa fitur di atas belum tersedia pada kompetitornya, seperti Daihatsu Terios, Toyota Rush, Xpander Cross, dan Suzuki XL7.

"Hasil studi CMBSTM sangat diminati sangat bisa membantu mencegah terjadinya kecelakaan, dan juga honda All New BR-V ini sesuatu yang baru yang tidak dimiliki teman-temannya di segmen LSUV," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy dalam konferensi pers, Selasa (21/9/2021).

(Halaman selanjutnya: pilihan mesin, harga dan varian)