Eits.. Pabrikan Mobil China Daftarkan Paten Mirip Porsche di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 19 Sep 2021 17:16 WIB
ORA Lightning
ORA Lightning Foto: Carnewschina
Jakarta -

Pabrikan mobil asal China, Great Wall Motors kedapatan mendaftarkan desain mobilnya di Indonesia. Hal ini diketahui dari berita resmi desain industri dalam laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Kemenkumham RI). Ada dua model, salah satunya bahkan mirip dengan Porsche.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham RI, Minggu (19/9/2021). Great Wall Motor masuk dalam berita resmi industri dengan nomor permohonan A00202101879 dan A00202101940.

Sekedar informasi, Great Wall Motor (GWM) memiliki berbagai model dan merek, di antarnya Haval, GWM pickup, ORA, dan WEY.

Dalam permohonan A00202101879 terlihat sebuah mobil dengan model 4 pintu berkapasitas 5-penumpang. Nama pemohon Great Wall Motor yang beralamat Hebei, China.

Great Wall MotorsGreat Wall Motors Foto: DJKI Kemenkumham RI

Dilihat dari bentuknya, beberapa media luar bahkan menyebut sekilas mobil sedan ini mirip dengan Porsche Panamera dan 911. Disinyalir mobil yang didaftarkan tersebut merupakan mobil konsep ORA Lightning Cat yang diperkenalkan pada Shanghai Auto Show 2021.

ORA LightningORA Lightning Foto: Carnewschina

ORA merupakan sub-brand dari GWM yang berfokus untuk memproduksi mobil listrik. Salah satu modelnya yang sudah dijual ialah ORA R1 atau Black Cat sejak tahun 2019.

Sedangkan model kedua memiliki nomor A00202101940. Dilirik dari desainnya bergaya SUV.

Mobil SUV yang menjadi sub-brand GWM ialah Haval. Disinyalir modelnya terlihat mirip dengan Haval H6 yang sudah dipasarkan di China, dan beberapa negara lain.

Great Wall MotorsGreat Wall Motors Foto: DJKI Kemenkumham RI

Mengintip spesifikasi global, Haval 6 memiliki dimensi panjang 4.610 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.720 mm. Jantung pacunya tersedia dalam pilihan 1.499 cc dan 1.967 cc.

Jika berdasarkan spesifikasi di atas kertas tersebut, Haval 6 bisa bertarung dengan Mazda CX-5, Honda CR-V, dan Wuling Almaz di Indonesia.

Haval 6Haval 6 Foto: Haval

Mungkinkah kedua mobil ini bakal dijual di Indonesia? mengingat GWM bakal memiliki basis produksi di Thailand. Memang pendaftaran paten desain lazim dilakukan perusahaan untuk melindungi hak kekayaan intelektual mereka secara global.

Simak perkembangannya tentang Great Wall Motors di detikOto.



Simak Video "DJKI Telusuri Lagu 'Aku Papua' yang Dinyanyikan Saat PON XX Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)