Honda Siap Rilis Produk Baru Minggu Depan, Pengganggu Terios-Rush Cs?

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 18 Sep 2021 12:42 WIB
Konsep Honda N7X
Honda N7X disinyalir bakal meluncur minggu depan di Indonesia Foto: Dok. HPM
Jakarta -

PT Honda Prospect Motor (HPM) akan merilis produk terbaru di Indonesia. Kira-kira mobil apa yang bakal debut pertama di dunia ini?

Berdasarkan undangan yang masuk ke redaksi detikOto, terdapat embel-embel pertama di dunia. Peluncuran bakal dilakukan secara virtual pada Selasa, 21 September pukul 14.00 - 16.00 WIB.

"Pada tahun 2021 ini, PT Honda Prospect Motor kembali bersiap meluncurkan mobil terbaru untuk melengkapi portofolio beragam segmen kendaraan Honda," demikian kalimat pembuka dari undangan tersebut.

Disinyalir mobil tersebut ialah Honda New 7 Seater eXcitement (N7X), sebab Honda belakangan sudah mengenalkan secara agresif ke publik beberapa bulan ke belakang. Ya, mobil berkapasitas 7-penumpang itu telah melakukan roadshow N7X di berbagai kota pulau Jawa, dan berakhir di kota Makassar.

Untuk diketahui, jika dilirik modelnya N7X bisa saja menyerempet pasar Low SUV di Indonesia, seperti model Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki XL-7, Mitsubishi Xpander Cross, dan DFSK Glory 560.

Atau jika harganya berada di bawah Rp 300 juta juga menyasar segmen LMPV seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Nissan Livina, dan Wuling Confero.

Mobil konsep Honda N7X resmi diperlihatkan di Surabaya.Mobil konsep Honda N7X resmi diperlihatkan di Surabaya. Foto: dok. Honda Prospect Motor

Sejatinya Honda sudah bermain di segmen LMPV lewat Honda Mobilio, dan LSUV lewat Honda BR-V. Tapi penjualan keduanya terus merosot, dan tak kunjung endapat penyegaran.

Tanda-tanda kehadiran Honda BR-V baru semakin harum tercium, saat desain paten diduga Honda BR-V anyar melalui laman di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM Indonesia.

Dikutip dari Berita Resmi Desain Industri No.17/DI/2021 yang terbit pada Juni 2021 tercantum Asian Honda Motor Co yang didaftarkan sejak 24 Desember 2020. Sementara beberapa desainernya tercatat Anonioryan Hidayat, Suthai Chokngamvong, dan Eknat Ajjanakulchai.

Bila dilirik visualnya mirip dengan Honda N7X Concept. Terdapat beberapa part eksterior lain yang didaftarkan mulai dari lampu kombinasi depan, bumper depan-belakang, kisi-kisi, dan lampu belakang

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy tidak menampik dengan desain BR-V baru yang terdaftar di DJKI Kemenkumham tersebut.

"Wah, cepat juga informasinya ya," kata Billy saat dikonfirmasi detikcom kala itu.

Terlebih muncul kode baru "DG3" di belakang Honda BR-V jika merujuk NJKB Samsat Polda Metro. Kode ini menjadi indikasi hadirnya Honda BR-V baru di Tanah Air. Sebab pada tahun sebelumnya tidak terdaftar kode "DG3" dari mobil penantang Daihatsu Terios, dan Toyota Rush ini.

Billy juga pernah menyebut konsep Honda N7X terinspirasi dari mobil tujuh penumpang yang menggabungkan kenyamanan MPV dan ketangguhan serta gaya khas SUV. Menurut Billy, konsep ini cocok untuk mengisi segmen low SUV tujuh penumpang.

"Karena concept car ini dirancang dan di-develop untuk masyarakat Indonesia, di mana tren LSUV tengah meningkat. Bulan kemarin sampai Maret LSUV 23% kontribusinya," ujar Billy dalam sesi konferensi pers peluncuran konsep Honda N7X secara virtual beberapa waktu yang lalu.

Well, kira-kira apakah Honda N7X yang bakal diluncurkan di Indonesia? simak terus perkembangannya di detikOto.



Simak Video "Ada Orang Indonesia Ikut Jadi Desainer Honda N7X"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)