Unik, Taksi Ini Tawarkan Layanan Tidur Gratis bagi Penumpang

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 13 Sep 2021 17:09 WIB
Taksi yang menawarkan fitur tidur selama perjalanan
Taksi Daiwa Foto: doc. Chill Out
Jakarta -

Detikers pernah tertidur saat menggunakan jasa transportasi umum taksi? Terbayang dong bagaimana bagaimana rasanya, akan tetapi untuk taksi yang satu ini dijamin bakal berbeda. Soalnya taksi yang satu ini punya fasilitas berbeda, karena memang sengaja dirancang untuk melayani penumpang yang ingin tidur selama perjalanan.

Layanan unik ini pertama kali hadir di Jepang, dilakoni oleh perusahaan operator taksi Daiwa Motor Transportation bekerja sama dengan merek minuman relaksasi Chill Out, keduanya pun melahirkan inovasi baru yang memungkinkan setiap pengguna mobil taksi bisa tertidur dalam perjalanan yang disebut Sleeping Taxi.

Dikutip dari Carscoops, taksi ini akan melayani para penumpang yang ingin tidur setelah lelah menjalani aktivitas seharian. Namun tidak perlu khawatir, layanan ini akan diberikan secara gratis kepada masyarakat.

Taksi khusus ini beroperasi mulai pukul 10 malam dan hadir di sejumlah jalan di kota Tokyo, Jepang. Sesuai dengan namanya, taksi ini dilengkapi dengan masker mata, musik relaksasi, aroma terapi, minuman hingga tempat tidur yang lengkap dengan bantal.

Taksi yang menawarkan fitur tidur selama perjalananTaksi yang menawarkan fitur tidur selama perjalanan Foto: doc. Chill Out

Berbeda dengan taksi pada umumnya, interior di dalam mobil dibuat senyaman mungkin agar penumpang bisa tidur nyenyak. Salah satu keunikannya yaitu hadir tanaman gantung di kaca mobil agar memberikan kenyamanan dan ketenangan saat tidur.

Penumpang juga dapat menikmati efek aromaterapi yang menenangkan, yang dipilih dan dikembangkan oleh teknologi AI. Tampilan video yang santai dan musik yang lembut akan membuat penumpang nyaman dan mengantuk. Tak lupa masker mata sekali pakai gratis akan membantu menenangkan mata yang lelah.

Ada juga meja portable dengan sejumlah minuman yang bisa diambil oleh penumpang selama perjalanan. Selain itu, penggunaan cahaya lampu yang nyaman membuat tidur jadi lebih nyenyak. Tidak perlu khawatir jika baterai smartphone sudah habis, karena taksi ini juga menghadirkan pengisi daya.

Sleeping Taxi ini juga bisa dipesan melalui aplikasi online, namun layanan tersebut baru tersedia pukul 11 malam sampai 1 pagi dan mungkin tidak selalu mendapatkannya, tergantung pada ketersediaan mobil dan kondisi lalu lintas. Fasilitas ini juga hadir dalam waktu yang cukup singkat, hanya sampai 4 September lalu.

Kendaraan tersebut berbasis dari Toyota JPN Taxi yang juga digunakan oleh sejumlah armada taksi di Jepang. Diluncurkan pada 2017, mobil ini mengusung bodi yang tinggi serta kabin luas untuk memberikan kenyamanan penumpang. Didukung dengan mesin hybrid 1.5 L, mobil ini cocok digunakan sebagai transportasi umum.



Simak Video "Alasan Sakit Hati, Wanita Bayar Begal Taksi Online di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)