Mau Beli Taksi Terbang? Harganya Rp 8 Miliar!

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 12 Sep 2021 12:21 WIB
Taksi Terbang EHang 216 seharga Rp 8  miliar
Taksi Terbang EHang 216 seharga Rp 8 miliar. Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta -

Taksi terbang EHang 216 mejeng di kantor pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta. Kendaraan masa depan ini sudah diperkenalkan di Jakarta sebelum memasuki tahap uji coba di Bali pada Oktober 2021 mendatang. Berapa sih harga Ehang yang diboyong dari China ini?

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang hadir dalam acara pengenalan taksi terbang itu mengungkap bahwa EHang harganya berkisar Rp 8 miliar.

"Ya Rp 8 miliaran, sekarang masih satu unit," kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR ini di kantor pengurus pusat IMI Jakarta, Jumat (10/9).

Bamsoet mengatakan kini izin terbang Ehang 216 sedang dalam pengurusan melalui kementerian terkait agar dapat mengudara paling tidak Oktober sebagai masa percobaan. Importir Umum (IU) Prestige Motorcars yang memboyong EHang diketahui memilih Bali sebagai tempat uji coba.

"Jadi sekarang kan masih diurus," ungkapnya.

Bamsoet menambahkan kendaraan energi listrik ini diharapkan bisa mendapat dukungan penuh dari pemerintah sehingga jumlahnya akan semakin banyak.

"Kami memiliki visi mendorong percepatan kendaraan bermotor termasuk tadi helikopter penerbangan (EHang), dari berbahan baku fosil ke listrik. Ini yang baru kita saksikan drone tadi adalah listrik. Kami semua bermimpi Jakarta tidak ada lagi polusi," ucap Bamsoet.

Taksi terbang yang dibawa Prestige Image Motorcars ini merupakan Autonomous Aerial Vehicle (AAV) berteknologi listrik dan otomatisasi dan diproduksi oleh Guangzhou EHang Intelligent Technology Co. Ltd. Dengan kata lain, EHang bisa disebut sebagai drone raksasa yang mampu mengangkut dua orang.

EHang 216 bisa mengangkut beban hingga 220 kg, kemudian dapat menempuh kecepatan 130 km per jam. Kendaraan ini tidak perlu pilot sebab dikendalikan dari pusat kontrol di daratan via jaringan 4G atau 5G.

Secara spesifikasi EHang 216 memiliki 16 baling-baling. Kendaraan ini juga dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal, kemudian lengannya bisa terlipat sehingga hanya membutuhkan lahan parkir seluas 5 meter. Dimensi kendaraan ini tinggi 1,7 meter dan lebar 5,6 meter.



Simak Video "Cari Tahu Lebih Banyak Tentang 'Taksi Terbang' EHang 216"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)