Jogger Disebut Jadi MPV Paling Murah di Inggris, Cocok buat Lawan Avanza Cs di Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 07 Sep 2021 09:52 WIB
Jakarta -

Dacia, brand otomotif di bawah perusahaan Renault baru saja meluncurkan mobil MPV yang digemari masyarakat Indonesia, yakni mobil keluarga dengan kapasitas 7 penumpang. Mobil tersebut ialah Dacia Jogger, yang baru akan dipasarkan di wilayah Eropa.

Dikutip dari Thisismoney, Selasa (7/9) Dacia Jogger akan menjadi mobil MPV 7-penumpang paling murah di Inggris. Harga belum diungkapkan, namun mobil ini diperkirakan dijual mulai dari £ 12.900 atau sekitar Rp 254 jutaan. Harga tersebut masih setara dengan mobil-mobil low MPV di Indonesia, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan kawan-kawannya.

"Entah saat pemiliknya bersama keluarga, melakukan kegiatan sehari-hari, atau bersantai, Jogger adalah kawan yang sempurna," sambung Le Vot."Sebagai mobil 5-seater atau 7-seater, Jogger merepresentasikan posisi dan semangat Dacia secara sempurna," kata Denis Le Vot, Chief Executive Officer Dacia dalam keterangan resminya.

Dibangun di atas mobil terlaris di Eropa, Dacia Sandero. Secara dimensi mobil ini memiliki panjang 4.547 mm, lebar 1.784 mm, tinggi 1.632 mm, dan ground clearance 200 mm. Ini membuat ukurannya lebih besar dari Renault Triber yang sudah dijual di Indonesia.

Sedangkan di balik bonetnya, Dacia Jogger dibekali mesin tiga silinder turbo TCe 110 berkapasitas 1.000 cc yang bisa memuntahkan tenaga 110 hp dan torsi maksial 200 Nm di 2.900 rpm. Dacia juga menawawrkan opsi dual fuel LPG-bensin. Selain itu opsi mesin hybrid juga akan dilepas pada tahun 2023.

Sebagai mobil Eropa, Dacia juga dibekali beberapa fitur keamanan seperti reinforced body, emergency brake asssist, blind spot warning, park assist, dan hill start assist.

Kalau mobil ini dipasarkan di Indonesia, apakah cocok? mengingat beberapa pabrikan mulai menggeliat dengan mesin 1.000 cc turbo, pun banderolannya di atas Rp 250 jutaan.

(riar/din)