Diskon PPnBM 100 Persen Usai, Harga Toyota Raize Lebih Mahal dari Renault Kiger?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 03 Sep 2021 07:10 WIB
Renault Kiger meluncur di Indonesia, Jumat (27/8/2021).
Renault Kiger Foto: Maxindo Renault Indonesia
Jakarta -

Diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) 100 persen sudah berakhir. Harga mobil penerima manfaat kebijakan tersebut mulai terkoreksi, termasuk Toyota Raize.

Renault Kiger sebagai penantang mengklaim jika diskon PPnBM 100 persen usai, maka harga mobil yang dijual lebih kompetitif dari Toyota Raize varian CVT dual tone. Benarkah demikian?

Jika mengacu pada Peraturan Kementerian Keuangan Nomor 88/PMK.010/2021, diskon PPnBM berlanjut pada skema 25 persen yang berlangsung pada September hingga Desember 2021. Artinya mobil-mobil yang mendapatkan relaksasi tersebut mulai naik harganya.

Toyota Raize 1.0 Turbo saat diskon PPnBM 100 persen dijual mulai Rp 219,9 juta (M/T) Single Tone, sementara varian tertingginya Raize 1.0T GR CVT TSS Two Tone dibanderol Rp 265,9 juta.

Bila melirik daftar harga dari website resmi Toyota Astra Motor, Raize mengalami kenaikan. Harga Raize tipe terendah dengan diskon PPnBM 25 persen saat ini dijual Rp 232,6 juta, sedangkan tipe two tone CVT mulai dari Rp 261 juta, dan varian tertingginya 1.0T GR CVT Two Tone TSS Rp 281,2 juta.

First drive Toyota RaizeToyota Raize Foto: Dok. TAM

Meski tak selengkap varian 1.000 CC Turbo GR TSS, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Sedangkan Toyota Raize tipe TSS dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high-premium segmen pada Toyota.

Chief Operating Officer (COO) di PT Maxindo Renault Indonesia, Davy J Tulian mengatakan harga Renault Kiger bisa lebih murah andai diskon PPnBM sudah tak berlaku.

"Harga harus apple to apple, harga kompetitor kami masih mendapatkan subsidi dari pemerintah. Kami sudah hitung kok, kalau PPnBM nol persen dihilangkan. Harga kami lebih kompetitif, lebih terjangkau untuk tipe yang selevel, yaitu CVT 1.000 cc turbo two tone colour, nah itu kami sudah hitung lebih terjangkau daripada kompetitor terdekat kami," kata Chief Operating Officer (COO) di PT Maxindo Renault Indonesia, Davy J Tulian saat konferensi virtual, Jumat (27/8/2021).

Saat ini Renault Kiger akan dibanderol dengan harga Rp 278 juta (OTR DKI Jakarta), namun sampai akhir bulan September 2021 akan diperkenalkan harga khusus Rp 275,9 juta OTR DKI Jakarta. Sedangkan Nissan Magnite tipe tertinggi yang bukan masuk dalam kategori pembebasan PPnBM dijual Rp 244,8 juta.



Simak Video "Ini Wujud dan Harga Renault Kiger, Penantang Raize-Rocky di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)