Duel SUV Compact: Renault Kiger vs Toyota Raize, Siapa Lebih Unggul?

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 28 Agu 2021 06:15 WIB
Renault Kiger meluncur di Indonesia, Jumat (27/8/2021).
Renault Kiger Foto: Maxindo Renault Indonesia
Jakarta -

Pasar SUV Compact berkapasitas 5-penumpang makin ramai setelah kehadiran Renault Kiger pada Jumat, (27/8/2021). Mobil ini bakal berhadapan dengan salah satu mobil yang sudah meluncur lebih dulu, Toyota Raize. Bagaimana perbandingannya?

Kalau dilihat-lihat perawakan antara Renault Kiger dan Toyota Raize sepadan, yakni sama-sama mobil SUV dengan dimensi yang tidak terlalu besar. Plus keduanya sama-sama menggunakan mesin 1.000 cc turbo.

Kedua merek ini terbilang menarik, sebab menggunakan kapasitas mesin yang sama tapi punya fitur, dimensi dan harga yang berbeda pula.

Penasaran bagaimana perbandingan antara Toyota Raize dan Renault Kiger? berikut ini rangkumannya berdasarkan spesifikasi dari klaim pabrikan.

Desain

Bicara desain tentu masing-masing punya selera. Renault Kiger merupakan mobil SUV dengan tampang futuristik. Grille depannya mirip dengan mobil-mobil baru keluaran Renault.

Tampilan depan makin berani berkat ampu depan bertingkat dengan teknologi LED. Day Time Running Light berada paling atas, sementara Tri-Octa LED merupakan lampu utama berada di bawah.

Renault Kiger meluncur di Indonesia, Jumat (27/8/2021).Renault Kiger meluncur di Indonesia, Jumat (27/8/2021). Foto: Maxindo Renault Indonesia

Masuk ke area samping, terlihat sisi eksterior dari Renault Kiger memancarkan SUV yang kuat. Hal ini berkat kombinasi dari side body moulding, over vender berwarna hitam, serta penggunaan velg two-tone berukuran ring 16 inci.

Tampilan SUV makin dipertegas dengan penggunaan roof rack yang bisa mengangkut beban 50kg. Kemudian mundur ke belakang, Renault Kiger dilengkapi dengan bumper belakang yang besar dilapisi rear skid plate berwarna silver.

Di bagian belakang, mobil ini juga memiliki ciri khas tersendiri dengan lampu sorot LED beserta lampu berbentuk "double C".

Keunikan lain yang dimiliki Renault Kiger yakni jendela belakang yang dibuat miring, spoiler yang terintegrasi di atap dan kaca spion yang meruncing dirancang layaknya sayap pesawat. Tampilan makin modern berkat penggunaan anthena shark fin.

Toyota RaizeToyota Raize Foto: Luthfi Anshori/detikOto



Toyota Raize juga tak kalah agresif. SUV yang sporty, dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED. Bahkan SUV Compact ini dibekali velg besar 17 inch pada tipe 1.0T.

Sama-sama Pakai Mesin Turbo

Toyota Raize 1.0 Turbo dibekali jantung 3 Cylinder Turbo, In-line, 12 Valve DOHC with VVT-i dengan kapasitas 998 cc. Dengan bekal jantung tersebut, Toyota Raize 1.0 Turbo bisa memuntahkan tenaga sebesar 98 PS (96 hp) di 6000 rpm dan torsi 14,3 kgm (140 Nm) di 2.400 - 4.000 rpm.

Renault Kiger bisa lebih tersenyum ketika melihat hal ini, sebab mesin 1.000 cc turbo Kiger menghasilkan tenaga lebih besar, yakni 100 PS di 5.000 rpm, dan torsi 152 Nm di 2.200 - 4.400 rpm.

Fitur keselamatan tinggi

Kalau bicara fitur keselamatan rasanya Toyota Raize lebih unggul, sebab untuk varian tertinggi dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS (Toyota Safety Sense) + BSM RCTA (Blind Spot Monitor with Rear Cross Traffic Alert). Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS.

Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Renault Kiger meluncur di Indonesia, Jumat (27/8/2021).Head Unit Renault Kiger Foto: Maxindo Renault Indonesia

Sementara Renault Kiger ditawarkan dengan beragam teknologi keamanan kekinian di antaranya 4 Air Bag, Rear Defogger, Anti Lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Electronic Stability Control, Traction Control, Vehicle Dynamic Control, Sensor Parking, Seatbelt Warning, dan ISOFIX.

Fitur Kenyamanan

Renault Kiger memiliki head unit 8 inci dan ambient light yang bisa terkoneksi Apple Car Play dan Android Auto. Namun Toyota Raize juga memiliki interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Toyota RaizeHead Unit Toyota Raize Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Kedua mobil ini juga sama-sama menggunakan 7-inch TFT Smart instrument cluster.

Di sisi lain Kiger coba menggoda dengan memiliki audio kelas atas, berkat penggunaan Sound System ARKAMYS 3D Auditorium terbaik di kelasnya dengan 4 Speaker ditambah 4 Tweeter.

Kiger juga dilengkapi dengan PM2.5 air filter di sistem air cooling (AC) nya, sehingga memiliki kemampuan untuk menyaring partikel sekecil 2.5 mikron.

Dimensi: Raize Lebih Panjang dan Lebar, tapi Kiger Unggul Ground Clearence

Mobil ini memiliki dimensi panjang 3.991 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1605 mm (termasuk roof bar), dan wheelbase 2.500 mm. Sementara ground celarance dari Kiger ini mirip dengan Nissan Magnite, yakni 205 mm.

Sementara Toyota Raize sedikit lebih besar, yakni panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Raize tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.

Harga Renault Kiger vs Toyota Rize

Untuk harga dan varian, Toyota Raize punya pilihan lebih banyak dari Renault Kiger. Harga Toyota Raize 1.0 GR CVT TSS Two Tone berkat diskon PPnBM yang berakhir Agustus 2021 nanti Rp 265,9 juta. Sedangkan Renault Kiger akan di banderol dengan harga Rp 278 juta.

Selebihnya tinggal Anda pilih, mau SUV baru Toyota Raize atau Renault Kiger?



Simak Video "Ini Wujud dan Harga Renault Kiger, Penantang Raize-Rocky di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)