Mau Lawan Pajero Sport-Fortuner, Harga Isuzu MU-X Terbaru Masih Dihitung

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 26 Agu 2021 20:12 WIB
Isuzu MU-X generasi ketiga meluncur di Thailand, Rabu (28/10/2020)
Isuzu MU-X Foto: Isuzu
Jakarta -

Isuzu MU-X generasi ketiga sudah meluncur di Thailand sejak 2020 lalu. Tapi kapan mobil SUV ladder frame terbaru dari Isuzu ini meramaikan lantai otomotif Indonesia?

General Manager Marketing Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril masih mempersiapkan peluncuran Isuzu MU-X untuk pasar Indonesia. Salah satunya berkaitan dengan harga.

Seperti diketahui mobil SUV ladder frame seperti Toyota Fortuner saat ini mendapatkan relaksasi diskon PPnBM 50 persen.

"Kami masih menghitung harga, saudara tua yang jadi kompetitor mendapatkan benefit PPnBM. Sehingga kita perlu menghitung ulang harga, dan lainnya," kata Attias saat konferensi pers virtual bersama Forum Wartawan Otomotif beberapa waktu yang lalu.

Bicara soal spesifikasi, Attias mengatakan Isuzu MU-X yang bakal dipasarkan di Indonesia mirip dengan yang sudah melantai di Thailand.

"Speknya kurang lebih sama dengan yang ada di Thailand, tetapi masih menggunakan Euro2. Kami usahakan tahun ini," sambung dia.

Jika melihat yang sudah meluncur di Thailand. Dari segi eksterior, Isuzu MU-X punya tampang yang beda dengan D-Max. Lampu utama Isuzu MU-X juga terlihat ramping cenderung tajam. Dari segi muka, sudah lain cerita, Isuzu MU-X kini tak lagi D-Max yang menggunakan atap penuh.

Isuzu MU-X generasi ketiga meluncur di Thailand, Rabu (28/10/2020)Isuzu MU-X generasi ketiga meluncur di Thailand, Rabu (28/10/2020) Foto: Isuzu

Selain itu, grille depan juga lebih kecil. Pada bagian buntut, lampu belakang lebih ramping daripada model sebelumnya, dan ada tulisan "Isuzu" di antara keduanya.

Tampilan kaca samping Isuzu MU-X juga berubah. Isuzu Mu-X tidak lagi dilengkapi dengan pilar C yang berukuran besar. Pilar D mengusung warna bodi utama, berbeda dengan Isuzu MU-X model sebelumnya.

Menggunakan basis dari D-Max generasi terbaru, Isuzu MU-X punya dimensi lebih besar dari generasi sebelumnya. MU-X baru berukuran panjang 4.850 mm (+25 mm), lebar 1.870 mm (+10 mm), tinggi 1.875 mm (+35 mm), dan sekarang memiliki jarak sumbu roda 2.855 mm (+10 mm).

Isuzu Mu-X kini menggendong mesin empat silinder turbo diesel. Ada dua pilihan mesin, yang pertama mesin RZ4E-TC 1.9 liter bertenaga 150 PS dan torsi maksimal 350 NM, sertai mesin 4JJ3-TCX 3.0 liter dengan 190 PS dan 450 Nm. Mesin-mesin itu ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, manual enam percepatan dan otomatis enam percepatan. Ada juga pilihan penggerak roda dua dan penggerak empat roda.

Bahkan, Isuzu MU-X sudah dilengkapi fitur keselamatan seperti six airbags, electronic stability control, ABS, EBD, brake assist, hill start assist, hill descent control and traction control. Untuk varian tertinggi sudah dibekali blind spot monitor, rear cross-traffic alert, forward collision warning, autonomous emergency braking, lane departure warning, speed limiter, automatic high beam, multi-collision brake, parking assist dan pedal misapplication system.

Isuzu MU-X di Thailand dijual dengan harga mulai dari 1,109 juta baht atau sekitar 523 juta hingga 1,579 juta baht Rp 744,9 jutaan. Nah, kira-kira berapa harga yang pas untuk masyarakat Indonesia?

Seperti diketahui kompetitornya, Toyota Fortuner saat ini dijual mulai dari Rp 486,4-Rp 605,1 juta, dan Mitsubishi Pajero Sport dijual mulai Rp 507,8 - Rp 738,7 juta.



Simak Video "Selamat Tinggal, Isuzu Panther!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)