Isuzu MU-X Meluncur di RI Tahun Ini, Siap Tantang Pajero Sport-Fortuner

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 10 Feb 2021 21:28 WIB
Isuzu MU-X generasi ketiga meluncur di Thailand, Rabu (28/10/2020)
Isuzu Mu-X Foto: Isuzu
Jakarta -

Isuzu Mu-X generasi ketiga siap melantai di Indonesia tahun 2021. Penantang Pajero Sport, Fortuner, hingga Nissan Terra ini sebelumnya lebih dulu meluncur di Thailand.

Hal ini diungkapkan Direktur Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Rahmat Samulo menyatakan peluncuran Isuzu Mu-X ini berbarengan dengan perbaikan layanan purna jualnya.

"Saya harapkan pelaksanaan perbaikan ini sudah ada kemajuan. Kita harapkan bisa kita rasakan all new MU-X diluncurkan di Indonesia, mudah-mudahan kita bisa mengenalkan model ini di sekitar akhir tahun ini," kata Rahmat Samulo saat konferensi pers virtual, Rabu (10/2/2021).

Memang penurunan Isuzu Mu-X terasa sejak tiga tahun ke belakang. Menurut data wholesales Gabungan Asosiasi Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Penjualan mobil SUV mid-size ini terus menyusut. Pada 2018 mampu mendistribusikan 508 unit, lalu menyusut di 2019 jadi 107 unit, dan pada 2020 bahkan tak sampai 100 unit.

Tapi saat presentasi, General Manager Marketing Division PT IAMI Attias Asril juga menampilkan siluet atau potongan gambar Isuzu D-Max sebagai salah satu kendaraan yang bakal diluncurkan di Indonesia.

Jika melihat yang sudah meluncur di Thailand. Dari segi eksterior, Isuzu MU-X punya tampang yang beda dengan D-Max. Lampu utama Isuzu MU-X juga terlihat ramping cenderung tajam. Dari segi muka, sudah lain cerita, Isuzu MU-X kini tak lagi D-Max yang menggunakan atap penuh.

Selain itu, grille depan juga lebih kecil. Pada bagian buntut, lampu belakang lebih ramping daripada model sebelumnya, dan ada tulisan "Isuzu" di antara keduanya.

Tampilan kaca samping Isuzu MU-X juga berubah. Isuzu Mu-X tidak lagi dilengkapi dengan pilar C yang berukuran besar. Pilar D mengusung warna bodi utama, berbeda dengan Isuzu MU-X model sebelumnya.

Menggunakan basis dari D-Max generasi terbaru, Isuzu MU-X punya dimensi lebih besar dari generasi sebelumnya. MU-X baru berukuran panjang 4.850 mm (+25 mm), lebar 1.870 mm (+10 mm), tinggi 1.875 mm (+35 mm), dan sekarang memiliki jarak sumbu roda 2.855 mm (+10 mm).

Isuzu Mu-X kini menggendong mesin empat silinder turbo diesel. Ada dua pilihan mesin, yang pertama mesin RZ4E-TC 1.9 liter bertenaga 150 PS dan torsi maksimal 350 NM, sertai mesin 4JJ3-TCX 3.0 liter dengan 190 PS dan 450 Nm. Mesin-mesin itu ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, manual enam percepatan dan otomatis enam percepatan. Ada juga pilihan penggerak roda dua dan penggerak empat roda.

Nah, kira-kira mana yang akan masuk Indonesia?



Simak Video "Selamat Tinggal, Isuzu Panther!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)