Nissan Terra Facelift Meluncur di Thailand: Desain Makin Mewah, Fitur Makin Banyak

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 24 Agu 2021 09:58 WIB
Nissan Terra 2021
Nissan Terra 2021. Foto: Dok. Nissan
Jakarta -

Setelah tiga tahun diluncurkan di Thailand, Nissan Terra akhirnya mendapatkan penyegaran. Mobil bergaya SUV itu mengalami sedikit ubahan di bagian fascia dan grille, serta pembaruan interior, juga penambahan fitur.

Dikutip dari laman Paultan, Nissan Terra versi facelift tersebut sebenarnya sudah diluncurkan sejak November tahun 2020 lalu di Timur Tengah, dengan nama X-Terra.

Nissan Terra 2021Nissan Terra 2021 Foto: Dok. Nissan

Jika dilihat secara eksterior, Nissan Terra terbaru memiliki bagian depan yang mirip dengan Nissan Navara. Tampak pada bagian kisi-kisi V-motion kini punya desain lebih besar. Selain itu lampu depan berbentuk C berteknologi LED proyektor yang diklaim meningkatkan kecerahan 34%.

Ubahan juga dilakukan pada bagian belakang, di mana desain lampu dibentuk ulang dengan bentuk seperti strip-strip LED, yang sepintas mirip desain lampu Nissan Livina. Bumpernya juga menggunakan model baru, dengan reflektor lebih lebar. Sedang kaki-kakinya pakai velg two-tone 18 inci terbaru.

Nissan Terra 2021Nissan Terra 2021 Foto: Dok. Nissan

Geser ke bagian interior, Nissan Terra facelift kini tampil lebih mewah dengan kursi yang dibentuk ulang untuk meningkakan kenyamanan. Disematkan pula fitur rem parkir elektronik menggantikan rem tangan konvensional.

Terra terbaru juga dibekali layar sentuh sembilan inci yang lebih besar untuk sistem infotainment Nissan Connect. Layar sentuh tersebut juga memiliki kompatibilitas nirkabel dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

Nissan Terra 2021Nissan Terra 2021 Foto: Dok. Nissan

Pembaruan lainnya termasuk sound system Bose delapan speaker, monitor belakang flip-down 11 inci yang kompatibel dengan HDMI, kaca spion digital, pengisi daya nirkabel Qi 15 watt, dan port USB-C.

Fitur-fitur safety pun ditambahkan, seperti fitur keselamatan aktif 360-Degree Safety Shield, pengereman darurat otonom, serta lane departure warning. Model VL dengan spesifikasi lebih tinggi mendapat tambahan fitur blind spot monitoring, rear cross traffic alert dan 360-degree camera system with Moving Object Detection (MOD). Enam airbag dan stability control juga dipasang sebagai standar.

Nissan Terra 2021Nissan Terra 2021 Foto: Dok. Nissan

Hanya satu pilihan mesin yang tersedia, yaitu diesel mill twin-turbocharged YS23DDTT 2,3 liter, menghasilkan 190 PS pada 3.750 rpm dan 450 Nm di antara 1.500 dan 2.500 rpm. Mesin itu dikawinkan dengan gearbox otomatis tujuh kecepatan, sementara varian VL ditawarkan dengan penggerak empat roda dan pengunci diferensial belakang.

Nissan Terra facelift dijual kisaran 1.199.000 baht (Rp 518,9 juta) untuk varian dasar E 2WD hingga 1.499.000 baht (Rp 648,8 juta) untuk VL 4WD. Nissan Terra terbaru hadir dengan beberapa pilihan warna, yakni White Pearl, Brilliant Silver, Black Star, Twilight Grey, termasuk Forged Copper dan Coulis Red.

(lua/din)