Toyota Raize Produksi Indonesia Berpeluang Diekspor, Negara Mana yang Berminat?

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 21 Agu 2021 07:16 WIB
First drive Toyota Raize
Toyota Raize buatan Indonesia berpeluang diekspor. Foto: Dok. TAM
Jakarta -

PT Toyota-Astra Motor (TAM) menjajaki peluang ekspor Toyota Raize. Dikatakan pihak TAM, saat ini sudah ada beberapa negara potensial yang berminat mengimpor SUV kompak itu dari Indonesia.

Toyota Raize kini menjadi andalan TAM di segmen SUV kompak 5-seater. Mobil kembaran Daihatsu Rocky itu merupakan produk global dengan arsitektur TNGA (Toyota New Global Architecture) yang kali pertama diluncurkan di Tokyo, Jepang, pada akhir 2019 lalu.

Pada 2021 Toyota Raize juga diboyong ke Indonesia. Mobil ini sudah diproduksi secara lokal bersama Rocky di pabrik Daihatsu, di Karawang, Jawa Barat.

Melihat respons konsumen Indonesia, penjualan Raize dalam 4 bulan pertama sejak didistribusikan, angkanya cukup baik. Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka wholesales (distribusi pabrik ke dealer) Raize pada April-Juli 2021 tercatat sebesar 6.821 unit. Angka itu merupakan gabungan Raize mesin 1.000 cc turbo dan Raize mesin 1.200 cc.

Sukses di Indonesia, TAM juga menjajaki peluang ekspor Raize. Dikatakan Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, sudah ada beberapa negara yang mengutarakan minatnya terhadap Raize.

"Ini sifatnya baru, negara-negara lain sedang mempelajari ya. Jadi mereka minta gambarnya, sampelnya atau harganya. Biasanya sih pengalaman kami, kalau mereka sudah minta sampel minta harga, mereka sudah tertarik. Mudah-mudahan akan terealisasikan. Saya belum bisa katakan timing-nya kapan dan negaranya mana saja karena kita masih menunggu jawaban dari mereka," buka Anton, dalam konferensi pers virtual, belum lama ini.

"Kalau pendapat kami pribadi di TAM, rasanya potensi (ekspor) sangat besar. Nggak cuma Raize ya, harapan kita yang lain-lain pun kalau ada potensi dari negara lain pun ya why not (mengapa tidak) ya. Karena itu juga menjadi kebanggaan buat kita," sambung Anton.

Toyota sendiri menawarkan 8 varian Raize 1.000 cc turbo dan Raize 2 varian Raize 1.200 cc. Khusus untuk dua varian GR Sport CVT one tone dan two tone sudah mendapatkan fitur keselamatan dan keamanan canggih, Toyota Safety Sense (TSS).

(lua/din)