Land Cruiser Jadi Incaran Maling, Pengamanan Terbarunya Starter Pakai Sidik jari

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 05 Agu 2021 19:20 WIB
Toyota Land Cruiser 300 Series
Toyota Land Cruiser 300 (Dok. Toyota)
Jakarta -

Toyota Land Cruiser 300 resmi diluncurkan di Jepang. Versi lawasnya ternyata jadi incaran maling, namun kini ada fitur pengaman baru yang dipasang pada mobil legendaris ini.

Dikutip dari Kuruma.jp, Kamis (5/8/2021) versi lawas dari Toyota Land Cruiser menjadi salah satu mobil dari lima besar yang jadi incaran pencuri di Saitama, Jepang. Harga mobil bekas serta peminat mobil kekar tersebut juga disebut masih tinggi.

Toyota Motor Corporation (TMC) akhirnya merilis secara resmi Land Cruiser 300 pada Senin (2/8) setelah debut global pada Juni lalu. Mobil ini dijual mulai dari 5,1 juta Yen atau sekitar Rp 688 jutaan hingga 8 juta Yen atau setara Rp 1,04 miliaran.

Untuk pertama kalinya, Toyota Land Cruiser dipasangkan sensor sidik jari untuk menghidupkan mesin. Fitur ini bekerja jika sidik jari cocok dan terdaftar pada kendaraan, mesin akan menyala; jika tidak seusai maka mesin tidak bisa hidup.

Untuk menghidupkan mesin, pengemudi harus membawa Smart Key, menekan pedal rem, dan menyentuh sensor sidik jari di tombol start di dekat kemudi. Walhasil jika bukan orang yang terdaftar maka tidak bisa menggunakan mobil ini.

Toyota Land Cruiser 300 SeriesInterior Toyota Land Cruiser 300 Series Foto: Dok. Toyota



Sensor sidik jari merupakan fitur pengaman dari tindakan pencurian. Beberapa media lokal juga menyebut ini sebagai langkah antisipasi banyaknya pencurian Land Cruiser di Jepang.

"Sebab, Land Cruiser model sebelumnya banyak menjadi sasaran pencuri, karena harga mobil bekas model ini yang tinggi," tulis Kyodonews.

Fitur itu tersedia pada model Toyota Land Cruiser ZX, GR Sport, VX, dan AX. Model-model tersebut dijual dalam dua pilihan opsi mesin bensin dan diesel. Kedua mesin tersebut disalurkan melalui 10-percepatan otomatis atau Toyota menyebutnya Direct Shift-10 AT.

Di atas kertas mesin bensin 3.5 liter V6 twin-turbo terbaru. Mesin tersebut menjanjikan output maksimum 305 kW (415 PS) dan torsi maksimal 650 Nm.

Sedangkan opsi mesin diesel V6 twin-turbo 3,3 liter sudah mengalami perubahan di ruang bakar piston, port intake, dan injektor. Di atas kertas, mesin berbahan bakar solar itu menghasilkan tenaga maksimum 227 kW (309 PS) dan torsi maksimal 700 Nm.

Berikut ini daftar harga Toyota Land Cruiser yang baru dirilis di Jepang:

Land Cruiser 300 bensin 3.5 liter

- Toyota Land Cruiser GX 5,1 juta Yen atau sekitar Rp 666 jutaan
- Toyota Land Cruiser AX 5,5 juta Yen atau sekitar Rp 720 jutaan
- Toyota Land Cruiser VX 6,3 juta Yen atau sekitar Rp 825 jutaan
- Toyota Land Cruiser GR Sport 7,7 juta Yen atau sekitar Rp 1 Miliaran
- Toyota Land Cruiser ZX 7,3 juta Yen atau sekitar Rp 956 jutaan

Land Cruiser 300 diesel 3.3 liter

- Toyota Land Cruiser GR Sport 8 juta Yen atau sekitar Rp 1,04 miliaran
- Toyota Land Cruiser ZX 7,6 juta Yen atau Rp 995 jutaan



Simak Video "Toyota Land Cruiser 300 Mendarat di Asia Tenggara, Ini Tampangnya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)