Corona Mengganas, Toyota Setop Produksi Sementara Alphard, Lexus, Hingga Land Cruiser!

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 30 Jul 2021 19:44 WIB
Tokyo -

Raksasa otomotif Toyota menghentikan fasilitas pabriknya di Jepang lantaran kekurangan pasokan suku cadang akibat terimbas pandemi COVID-19. Tercatat ada empat fasilitas pabrik yang bakal ditangguhkan sementara waktu.

"Penyesuaian akan dilakukan pada operasi produksi pabrik untuk kendaraan yang telah selesai di Jepang karena kekurangan suku cadang akibat penyebaran COVID-19 di Asia Tenggara," tulis keterangan resmi Toyota seperti dilihat detikcom, Jumat (30/7/2021).

Fasilitas produksi yang ditangguhkan sementara, yakni Toyota Auto Body Co., Ltd - Fujimatsu Plant bakal ditutup pada tanggal 29 Juli, 30 Juli, 2 hingga 4 Agustus 2021. Pabrik tersebut memproduksi mobil Alphard, Vellfire, Noah, Voxy, dan Esquire.

Lalu, Toyota Motor Corporation Takaoka Plant bakal ditutup dari 2 - 6 Agustus 2021. Pabrik itu diketahui memproduksi Corolla/Corolla Touring.

Produksi model Lexus LS dan IS di pabrik Tahara di Prefektur Aichi akan ditutup mulai 3 Agustus hingga 6 Agustus. Sementara pabrik Yoshiwara milik Toyota Auto Body akan menangguhkan produksi Land Cruiser 300, LX, dan Land Cruiser 70 selama dua hari mulai 5 Agustus. Penutupan tersebut disebut mengurangi produksi sekitar 5.000 kendaraan.

Dalam kesempatan sebelumnya, Toyota telah menghentikan produksi di tiga pabrik di Thailand; Ban Pho, Samrong, dan Gateway. Hal ini dilakukan setelah pemasok lokal yang membuat wire harnesses, terpaksa ditutup karena wabah virus corona.

"Operasi produksi untuk minggu depan akan ditentukan pada tahap selanjutnya," kata pernyataan itu pada (23/7), yang menambahkan bahwa penangguhan berlaku hingga Jumat, (30/7).

(riar/din)