Bye, Chevrolet Camaro! Bumblebee Bakal Disuntik Mati

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 04 Agu 2021 09:58 WIB
Chevrolet Camaro Bumblebee 2017
Chevrolet Camaro Bumblebee 2017 Foto: Michael Bay
Jakarta -

Bagi penikmat film Transformers pasti tak asing dengan Bumblebee, tokoh robot kuning yang identik dengan mobil Chevrolet Camaro. Kabarnya mobil sport car ini bakal disetop produksinya.

Dikutip Automotive News dan Car Advice, General Motors berencana untuk memiliki 30 kendaraan listrik baru yang tersedia pada tahun 2025 dan berambisi menjadi karbon netral pada 2040.

Menurut Automotive News, Chevrolet Camaro seperti akan dihentikan saat itu dan berpeluang diganti dengan sedan performa listrik. Seorang juru bicara Chevy menolak berkomentar tentang masa depan Camaro ketika ditanya tentang laporan ini.

BumblebeeBumblebee Foto: Deadline

Waktu yang tepat dari kematian Camaro masih dalam diskusi di dalam dinding manajemen General Motors. Tapi faktanya raksasa otomotif Amerika ini menginvestasikan US$35 miliar untuk beralih ke EV (electric vehicles) dan teknologi otonom selama lima tahun ke depan.

Pada titik ini, tidak jelas apakah nama Camaro akan benar-benar dihilangkan atau nama itu dapat diterapkan pada mobil EV sporty empat pintu di masa depan.

Chevrolet Camaro Bumblebee 2017Chevrolet Camaro Bumblebee 2017 Foto: Michael Bay

Di sisi lain, Chevrolet menjual hanya di bawah 30.000 Camaro tahun lalu, turun 38,3 persen dibandingkan 2019. Sementara Ford menjual lebih dari dua kali lipat Mustang dan membuktikan bahwa menempelkan nama Mustang pada crossover listrik bisa berhasil. Mustang Mach-E adalah salah satu kendaraan listrik terlaris sepanjang tahun ini dengan angka lebih dari 12 ribu unit.

Chevrolet nampaknya bisa memanfaatkan pendekatan serupa, baik menggunakan Camaro atau bahkan nama Corvette pada model EV masa depan yang dapat mencakup beberapa gaya, termasuk sedan dan crossover. Dodge juga bergerak ke arah elektrifikasi mobil ototnya, karena baru - baru ini mengumumkanbahwa mereka akan meluncurkan mobil otot listrik di bawah apa yang disebut eMuscle pada tahun 2024.

Saat ini, Camaro memiliki pilihan mesin 275-hp turbocharged 2.0-liter empat silinder, 335-hp 3.6-liter V-6, 455-hp 6.2-liter V-8, atau 650-hp supercharged 6.2- liter V-8 dalam model ZL1.

GM akan menggunakan platform baterai Ultium baru, yang pertama kali digunakan pada GMC Hummer EV. Mantan Chief engineer Camaro, Al Oppenheiser, bahkan diketahui memimpin pengembangan pikap listrik tersebut.



Simak Video "Supercar Buat Harian"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)