Ini Toyota LQ, Mobil Pintar yang Jago Kasih Perhatian ke Penumpangnya

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 03 Agu 2021 19:38 WIB
Mobil konsep Toyota LQ
Toyota LQ Foto: Toyota
Jakarta -

Selain pertandingan, dan prestasi atlet, tak kalah menarik untuk membahas tentang mobilitas di Olimpiade Tokyo 2020. Mobil mungil yang seolah-olah bisa diajak ngobrol hingga 'mengedipkan' mata ini kerap muncul di sela-sela iklan Olimpiade Tokyo 2020. Mobil apakah itu?

Mobil tersebut diketahui Toyota LQ, salah satu jajaran kendaraan konsep Toyota untuk mendukung mobilitas para atlet yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Dalam tayangan iklan video yang muncul, uniknya mobil ini bisa berjalan secara otonom hingga mengerti perasaan hati penumpangnya.

Toyota LQ merupakan pengembangan dari Toyota Concept-i yang pertama kali mejeng pada ajang Consumer Electronic Show 2017. Dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020, mobil ini sudah beroperasi pada estafet obor.

Sebagai mobil listrik canggih, LQ dibekali kemampuan mengemudi otomatis level 4 dan keunikan berupa kecerdasan buatan yang diberi nama YUI. Teknologi ini disebut menciptakan ikatan emosional antara pengemudi dan mobil.

Toyota kembali mengumumkan mobil konsep yang bakal mejeng di pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019. Toyota LQ, menjadi mobil konsep dengan teknologi terbaru bahkan bisa mengerti keinginan pengemudi dan membersihkan lingkungan.Interior Toyota LQ Foto: Toyota

Teknologi Artificial Intelegence (AI) YUI dapat berinteraksi dengan pengemudi melalui perintah suara, fungsi di kursi yang dirancang untuk meningkatkan kewaspadaan atau mengurangi stres, penerangan di dalam kendaraan, AC, wewangian. Yui disebut juga bisa memahami pengemudi, dia bisa memutar musik berdasarkan situasi dan memberikan informasi real-time tentang topik yang menarik bagi pengemudi.

Teknologi mengemudi otomatis YUI dan LQ, dikembangkan melalui Toyota Research Intitute. Tujuannya adalah menciptakan pengalaman mobilitas unik yang membangun hubungan antara kendaraan dan pengemudi secara lebih personal.

Toyota kembali mengumumkan mobil konsep yang bakal mejeng di pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019. Toyota LQ, menjadi mobil konsep dengan teknologi terbaru bahkan bisa mengerti keinginan pengemudi dan membersihkan lingkungan.Toyota LQ Foto: Toyota

"Dengan LQ, kami bangga mempersembahkan kendaraan yang dapat memberikan pengalaman yang dipersonalisasi, memenuhi kebutuhan mobilitas unik setiap pengemudi, dan membangun ikatan yang lebih kuat. antara mobil dan pengemudi," kata pemimpin pengembangan LQ, Daisuke Ido.

Secara dimensi, Toyota LQ memiliki ukuran compact dengan panjang 4.530 mm x lebar 1.840 mm x tinggi 1.480 mm, dan bobot 1.680 kg. Sementara itu mobil ini bisa mengangkut hingga 4 orang penumpang. Mobil listrik memiliki daya jelajah hingga 300 kilometer.

Kecanggihan lain, LQ yang juga dikembangkan bersama dengan Aisin Chemical Co., Ltd. dan Cataler Corporation memiliki lapisan katalis yang bisa menguraikan ozon menjadi oksigen. Toyota menyebut LQ bisa melakukan pemurnian sekitar 60 persen ozon yang terkandung dalam 1.000 liter udara selama satu jam perjalanan.

Toyota mengharapkan teknologi ini untuk membantu membersihkan emisi berbahaya seperti ozon dari udara selama berkendara.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Dukungan Warganet untuk Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)