Mobil Listrik Imut Toyota Curi Perhatian di Arena Baseball Olimpiade 2020

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 31 Jul 2021 16:19 WIB
Mobil listrik Toyota untuk pengangkut atlet Olimpiade 2020
Foto: Toyota Jepang
Jakarta -

Sebagai salah satu sponsor utama Olimpaide 2020, Toyota mengeluarkan banyak kendaraan berteknologi tinggi. Salah satunya dapat pujian karena bentuknya yang imut dan kental nuansa baseball.

Mobil tersebut bernama Accessible People Mover (APM). Kendaraan ini bertujuan untuk mengangkut para atlet, staff, ataupun pengunjung ke seluruh venue cabang olahraga Olimpiade 2020.

Dikutip dari Carscoops, Toyota APM ini kemudian muncul dan digunakan dalam cabang olahraga baseball. Namun, kendaraan APM yang digunakan sudah mendapat perubahan dan tidak seperti wujud aslinya.

Bagian atap mobil dilepas seluruhnya, lalu lantainya dilapisi karpet rumput sintetis berwarna hijau dan terdapat garis lapangan baseball berkelir putih. Joknya pun juga diubah dengan bentuk sarung tangan baseball warna coklat.

Mobil listrik Toyota untuk pengangkut atlet Olimpiade 2020Mobil listrik Toyota untuk pengangkut atlet Olimpiade 2020 Foto: Toyota Jepang

Kendaraan tersebut kemudian membawa seorang atlet baseball dari negara Amerika Serikat menuju lapangan. Tentu dia tidak mengendarai mobil tersebut sendirian, namun dikemudikan oleh seorang sopir yang ada di depan.

Punya desain mirip mobil caddy golf, namun Toyota APM ini punya desain lebih futuristik dan sudah didukung bertenaga baterai. Mobil APM ini mampu menampung enam orang sekaligus dengan satu sopir di depan dan lima penumpang duduk di belakang.

Mobil ini juga bisa mengangkut penumpang berkursi roda, di mana terdapat papan yang bisa dibuka untuk menaikkan kursi roda ke dalam APM. Tapi, kapasitasnya tentu berkurang dengan hanya menampung 2 penumpang + 1 kursi roda dan seorang sopir di depan.

Mobil listrik Toyota untuk pengangkut atlet Olimpiade 2020Mobil listrik Toyota untuk pengangkut atlet Olimpiade 2020 Foto: Toyota Jepang

Karena digunakan untuk kendaraan pengangkut penumpang di event Olimpiade 2020, spesifikasi Toyota APM dibuat sederhana. Mobil ini dapat menempuh jarak hingga 100 km dalam sekali pengisian daya, lalu kecepatan maksimalnya mencapai 19 km/jam.

Rencana awalnya Toyota akan menghadirkan sebanyak 3.700 unit mobil APM selama ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Namun sayang, meski telah diperkenalkan sejak 2 tahun lalu kendaraan ini tidak dipergunakan seluruhnya dan hanya sebagian unit saja yang dijalankan.



Simak Video "Kasus Baru Melonjak! Corona Varian Delta Hantui Olimpiade Tokyo"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)