Atlet Peraih Emas Pertama Filipina Dihadiahi Bensin Gratis Seumur Hidup

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 31 Jul 2021 06:32 WIB
Hidilyn Diaz of Philippines celebrates with Weightlifting Philippines federation president Monico Puntuevella after winning the gold medal in the womens 55kg weightlifting event, at the 2020 Summer Olympics, Monday, July 26, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Luca Bruno)
Foto: AP/Luca Bruno. Lifter Filipina Raih Emas Pertama Sepanjang Sejarah Olimpiade.
Jakarta -

Filipina sukses mencetak sejarah di gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Atlet Filipina, Hidilyn Diaz, berhasil meraih medali emas di cabang angkat besi 55 kg putri. Lifter berusia 30 tahun itu pun menjadi orang Filipina pertama yang meraih emas sejak berpartisipasi di Olimpiade tahun 1924. Atas prestasi luar biasa itu, banyak pihak yang ingin memberikan apresiasi terhadap Diaz, dari hadiah mobil sampai bensin gratis seumur hidup.

Dikutip dari Autoindustriya, beberapa perusahaan dan yayasan olahraga di Filipina telah mengumumkan bahwa mereka akan menghadiahi atlet angkat besi itu dengan insentif tunai, properti, kendaraan, dan masih banyak lagi lainnya.

Foton Transvan 13-seaterFoton Transvan 13-seater Foto: Foton

Disebutkan bahwa Hidilyn Diaz akan diberi rumah dan tanah di Tagaytay oleh Presiden Komite Olimpiade Filipina, Abraham Tolentino. Diaz juga diberikan kondominium di Eastwood City dari Megaworld, dan tiket penerbangan tak terbatas dari AirAsia Filipina.

Selain hadiah tersebut, Diaz juga akan menerima kendaraan baru dan pasokan bahan bakar gratis seumur hidup. Atlet yang lahir di kota Zamboanga itu bakal diberikan sebuah Transvan 13-seater baru dari Foton.

"Filipino Pride berdiri di atas penonton internasional dengan kemenangan atlet Filipina kami, Hidilyn Diaz. Saat dia membawa pulang kejayaan itu, kami merasa terhormat untuk menghargai dedikasi terbaiknyam dengan mobilitas teratas Foton Transvan 13-seater," kata Rommel Sytin, Presiden Foton Motor Philippines Inc (FMPI).

Tak hanya mobil, Diaz juga bakal menerima bensin gratis seumur hidup dari Phoenix Petroleum. Dalam sebuah pernyataan resmi, pendiri, presiden, juga sekaligus CEO Phoenix Petroleum, Dennis Uy mengatakan bahwa mereka akan menghadiahi Diaz berupa bahan bakar gratis seumur hidup, dan uang sebesar 5 juta peso (Rp 1,4 miliar) tunai, melalui Siklab Atleta Pilipinas Sports Foundation Inc.

"Itu adalah visi kami ketika kami mengorganisir yayasan untuk menggalang sektor swasta untuk membantu atlet kami yang telah berjuang untuk medali emas Olimpiade, dan sekarang kami memiliki medali emas pertama kami. Saya mendoakan yang terbaik untuk Hidilyn dan kami akan terus mendukung para atlet Filipina, kami sehingga kami dapat memiliki lebih banyak medali emas di masa depan," kata Uy.

(lua/din)