Sepeda Buatan Gresik Berlaga di Olimpiade Tokyo 2020

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 30 Jul 2021 11:38 WIB
Sepeda BMX Buatan Indonesia Berlaga di Olimpiade Tokyo 2020
Foto: Instagram Axelle Etienne. Sepeda BMX Buatan Indonesia Berlaga di Olimpiade Tokyo 2020
Jakarta -

Sepeda buatan Indonesia, Thrill Bicycle, berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Sepeda dari pabrikan asal Gresik itu digunakan oleh dua atlet BMX yang masing-masing mewakili Latvia dan Prancis di Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang.

Thrill Bicycle merupakan sepeda dari PT Indonesia Bike Works yang diproduksi di Gresik, Jawa Timur. Dua atlet BMX yang menggunakan sepeda buatan Indonesia ini adalah Vineta Petersone, atlet BMX dari Latvia dan Axelle Etienne dari Prancis.

Kemarin, kedua atlet ini telah berjuang di cabang olahraga balap sepeda BMX. Axelle Etienne dari Prancis finis ketiga di Heat 2, sementara Vineta Petersone finis keenam di Heat 3.

[Gambas:Instagram]



Hari ini, Balap Sepeda BMX memasuki semifinal. Axelle Etienne mengikuti semifinal hari ini di Heat 2 menggunakan sepeda BMX Thrill buatan Indonesia. Di babak semifinal pagi tadi, Axelle Etienne finis ketiga di Heat 2.

Sepeda Thrill ditegaskan merupakan hasil karya anak bangsa. Mulai dari desain hingga produksinya dilakukan di Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Marketing Promotion Thrill Bicycle Nita Yuliana seperti dikutip CNNIndonesia.com.

"Semua (sepeda) dikerjakan oleh tim dari dalam negeri. Dari mulai desain sampai produksi," ujar Nita.

Menurutnya, sepeda Thrill Bicycle yang merupakan brand asal Gresik, Jawa Timur, sudah berkiprah di dunia internasional kurang lebih 7 tahun.

Menurut Nita, Thrill Bicycle telah mengikuti kejuaraan dunia seperti BMX International Championship 2021, Asian Games 2018 dan Olimpiade Rio 2016.

Divisi BMX race dari Thrill Factory Racing meloloskan dua pembalapnya, yakni Vineta Petersone (Latvia) dan Axelle Etienne (Prancis) ke Olimpiade Tokyo, Jepang.

[Gambas:Instagram]



BMX sendiri telah melakukan debut Olimpiade di Olimpiade Beijing 2008. Sejak itu, BMX telah menjadi bagian dari program Olimpiade.

Ada beberapa aturan selain penggunaan wajib velg 20 inci. Berbagai inovasi telah dilakukan, salah satunya penggunaan rangka serat karbon untuk sepeda yang lebih ringan agar bisa melaju lebih cepat.



Simak Video "Yang Bisa Dinantikan di Upacara Penutupan Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)