Dukung Olimpiade Tokyo, Bridgestone Pasok Ban Berteknologi Tinggi

Jihaan Khoirunnisaa - detikOto
Kamis, 29 Jul 2021 08:02 WIB
Bridgestone
Foto: Bridgestone
Jakarta -

Bridgestone Corporation (Bridgestone) mendukung laga Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Member of the Board, Global CEO and Representative Executive Officer, Bridgestone Corporation, Shu Ishibashi mengatakan sebagai partner global pihaknya akan menyediakan produk dan layanan yang dapat menunjang mobilitas yang aman dan efisien di sekitar Tokyo selama acara berlangsung.

Hal ini mengingat letak kantor pusat Bridgestone yang berada di kota yang sama dengan tempat diselenggarakannya ajang olahraga bergengsi ini. Selain itu, Bridgestone juga mendukung 70 atlet dari berbagai negara yang tergabung dalam Team Bridgestone.

"Meskipun Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 mungkin akan berbeda dari yang diharapkan, Bridgestone akan tetap fokus menjalankan bagiannya untuk menyediakan dan mempromosikan lingkungan yang aman dan berkelanjutan di mana atlet terhebat dunia dapat mengejar impian mereka, selaras dengan visi Olimpiade," kata Ishibashi dalam keterangan tertulis, Kamis (29/7/2021).

Menurut Ishibashi, dukungan sesuai dengan misi yang dibawa Bridgestone, yakni "Serving Society with Superior Quality". Lebih lanjut ia menjelaskan, pada ajang yang telah berlangsung sejak 23 Juli ini, pihaknya akan fokus dalam memperhatikan perlindungan kesehatan masyarakat dan keamanan para atlet.

"Sebagai perusahaan Jepang dengan visi yang jelas untuk membangun masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan bagi masyarakat, kami berharap dapat membantu Tokyo 2020 menjadi sebuah acara perayaan semangat kita bersama di tengah masa-masa yang unik dan penuh tantangan ini," tandasnya.

Diungkapkannya, Bridgestone akan memastikan armada resmi IOC (Komite Olimpiade Internasional) dan IPC (Komite Paralimpiade Internasional) tetap bergerak. Salah satunya dengan menyediakan ban yang dirancang khusus dan layanan berperforma tinggi bagi 3.000 kendaraan resmi, termasuk kendaraan pendukung kompetisi serta kendaraan otonom Toyota e-Palette yang membantu operasional staf Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

BridgestoneBridgestone Foto: Bridgestone

Adapun dukungan yang disediakan oleh Bridgestone, antara lain:

  • Ban yang dirancang khusus untuk kendaraan otonom listrik berdaya baterai milik Toyota, Toyota e-Palette yang akan digunakan para atlet di area Olimpiade dan Paralimpiade.
  • Ban tanpa udara berteknologi mutakhir bagi kendaraan listrik berdaya baterai Toyota Walking Area BEVs (battery electric vehicles) yang akan digunakan di area pusat jurnalis dan arena olahraga tenis. Ban ini diklaim dapat menghilangkan risiko ban kempes dan kebutuhan untuk dipompa. Selain itu, ban ini dapat didaur ulang karena terbuat dari bahan dasar resin.
  • Ban rancangan khusus yang akan digunakan pada mobil listrik Toyota MIRAI di Tokyo 2020 sebagai mobil pemandu dalam acara marathon. Ban dengan daya gulir rendah dan tingkat kebisingan yang rendah ini mampu meningkatkan jangkauan jelajah dan kenyamanan berkendara bagi kendaraan listrik.
  • Ban Ecopia generasi terbaru milik Bridgestone untuk Toyota LQ electric, yang juga akan digunakan pada mobil pemandu pada ajang marathon. Dibekali inovasi terbaru, ban ini dapat meningkatkan efisiensi penggunan energi baterai pada mobil listrik. Serta memiliki profil yang lebih tinggi dan ramping dibandingkan ban pada umumnya.
  • Ban hemat bahan bakar dengan daya gulir rendah, Bridgestone Ecopia untuk Toyota Accessible People Mover atau APM, yang akan digunakan di arena Olimpiade dan Paralimpiade serta area tempat tinggal para atlet.

Tidak hanya itu, lanjut Ishibashi, Bridgestone juga menawarkan jaringan pusat layanan otomotifnya di Jepang untuk menyediakan pemeriksaan ban secara berkala dan seluruh layanan ban yang diperlukan untuk armada Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Sebab menurutnya, perawatan yang tepat sangat diperlukan demi mendukung performa ban.

Dikatakan Ishibashi, pihaknya juga telah mengembangkan sepeda lintasan yang akan digunakan Tim Jepang dalam turnamen sepeda di Olimpiade Tokyo 2020. Ia mengatakan, Bridgestone juga mengandeng pelatih serta atlet untuk merancang peralatan yang akan digunakan oleh para pesaing Tim Jepang dalam perlombaan di kelas keirin, sprint, omnium, dan madison. Misalnya saja dengan memasukkan teknologi analitik dari Bridgestone Corporation ke dalam pengembangan sepeda dari Bridgestone Cycle.

BridgestoneBridgestone Foto: Bridgestone

Sebagai sepeda resmi Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, lanjut dia, Bridgestone akan menyediakan lebih dari 800 sepeda tanpa mesin guna memberikan mobilitas yang aman dan nyaman untuk seluruh petugas, sukarelawan dan atlet di Tokyo 2020.

BridgestoneBridgestone Foto: Bridgestone

Menurutnya, koleksi sepeda ini menampilkan tiga model yang dirancang khusus untuk Tokyo 2020, yakni Bridgestone ORDINA F5B, bike POLAR, serta TOTEBOX Large. Dengan begitu diharapkan dapat mempermudah tugas staf dan sukarelawan, termasuk petugas keamanan, pengiriman barang kecil, dan pengantaran barang dan bagasi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ketiga sepeda tersebut akan digunakan dalam beberapa tempat, termasuk kawasan Olimpiade dan Paralimpiade dan Stadion Nasional Jepang yang baru. Sebagian besar armada ini juga akan disumbangkan ke organisasi dan program masyarakat setempat usai laga Olimpiade dilaksanakan.

Membangun Tempat Tahan Gempa

BridgestoneBridgestone Foto: Bridgestone

Selain itu, Ishibashi menilai Bridgestone juga akan memasok bantalan isolasi seismik mutakhir yang digunakan pada 2 arena permanen baru selama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, yaitu Tokyo Aquatics Center dan Arena Ariake. Bantalan struktur fleksibel ini dinilainya dapat mengisolasi struktur dari tanah guna menekan penyebaran guncangan seismik serta meminimalisir kerusakan apabila terjadi gempa.

Di samping teknologi isolasi seismiknya, Bridgestone mendukung keselamatan dan kenyamanan di gedung Tokyo 2020 melalui Sistem Pipa Polybutene. Sistem pia ini terbilang ringan namun memiliki daya tahan tinggi yang saat ini telah dipasang di lebih dari 12 tempat dan fasilitas non-permanen Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Mendorong Semangat Para Atlet

Ishibashi juga mendorong atlet Team Bridgestone untuk menunjukkan performa maksimal saat berkompetisi. Hal ini sejalan dengan pesan dari Olimpiade dan Paralimpiade Global Bridgestone yaitu "Chase Your Dream". Diketahui saat ini perusahaan telah bermitra dengan lebih dari 70 atlet inspiratif dari 20 negara dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade. Jumlah Tim Bridgestone di Tokyo 2020 ini dinilainya menjadi yang terbanyak hingga saat ini.

Sebagai bagian dari dukungan berkelanjutan untuk Gerakan Paralimpiade, Bridgestone Corporation juga menawarkan dukungan teknis kepada atlet Paralimpiade melalui penelitian dan inovasi di Jepang.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno menambahkan, PT Bridgestone Tire Indonesia sebagai bagian dari Group Bridgestone juga ikut memberikan dukungannya bagi 28 atlet Indonesia yang tengah berjuang di Olimpiade Tokyo 2020.

"Kami mendukung para atlet Indonesia yang akan berkompetisi di ajang Tokyo 2020 ini, agar dapat terus mengejar mimpi mereka dan mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia," pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai aktivitas Bridgestone di ajang Olimpiade dan Paralimpiade, silakan kunjungi https://www.bridgestone.com/olympics/ atau Bridgestone.MediaRoom.com.

Simak juga 'Peserta Keluhkan Transportasi Olimpiade Tokyo 2020':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/mpr)