Canggih! Hyundai Siapkan Shuttle Bus yang Bisa Nyetir Sendiri

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 18 Jul 2021 15:14 WIB
RoboShuttle Bus Shuttle pintar dari Hyundai yang dapat menyetir sendiri
RoboShuttle, shuttle bus pintar yang disiapkan Hyundai untuk dapat menyetir sendiri di Sejong Smart City Foto: dok. Hyundai
Jakarta -

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai, saat ini tengah mempersiapkan sebuah bus ulang-alik atau shuttle bus yang bisa menyetir sendiri. Rencananya, bus ini akan mulai beroperasi di Sejong Smart City pada 9 Agustus 2021 mendatang.

Bus pintar yang akan melayani rute sejauh 6.1 km dengan 20 titik pemberhentian ini, diberi nama RoboShuttle oleh Hyundai. RoboShuttle ini akan menggunakan Hyundai H350 yang diberi teknologi autonomous driving agar dapat menyetir sendiri.

"(Bus ini) dilengkapi dengan teknologi mengemudi otonom, yang menerapkan berbagai teknologi inti setara Level 4 autonomous dan dikembangkan sendiri oleh Autonomous Driving Center di Hyundai Motor," tulis Hyundai dalam rilis resminya yang mereka publikasikan pada Selasa (13/7/21) melalui Hyundai Media Center.

"Berdasarkan kemampuan mengemudi sendiri, kendaraan ini dirancang untuk memahami sekelilingnya, membuat keputusan, dan mengendalikan dirinya sendiri saat mengemudi di jalan, yang membutuhkan intervensi minimal dari pengemudi keselamatan," tulis Hyundai.

Untuk menggunakan jasa shuttle bus pintar ini, para calon penumpang dapat mengunduh aplikasi resmi 'Shucle', yang sudah disiapkan oleh Hyundai dan kota pintar Sejong.

Melaui aplikasi ini, penumpang dapat melihat lokasi bus dan memilih titik penurunan atau penjemputan yang diinginkan."Ketika RoboShuttle diminta oleh penumpang melalui aplikasi Shucle, antar-jemput mandiri akan menuju ke titik penjemputan dengan menghitung jalur terbaik menggunakan algoritma AI," tulis Hyundai.

RoboShuttle Bus Shuttle pintar dari Hyundai yang dapat menyetir sendiriRoboShuttle Bus Shuttle pintar dari Hyundai yang dapat menyetir sendiri Foto: dok. Hyundai

Hyundai berencana untuk mengembangkan program bus pintar ini ke kota-kota lain selain Sejong Smart City.

"Dimulai dengan layanan percontohan di Kota Sejong, layanan tersebut akan diperluas secara bertahap ke wilayah lain," tulis Hyundai.

Bahkan, Hyundai sudah menargetkan untuk ekspansi program shuttle bus pintar ini ke Hyundai Motor dan Kia Namyang Research and Development Center di paruh kedua tahun 2021 ini.



Simak Video "Punya Pabrik di RI, Harga Mobil Listrik Hyundai Bakal Lebih Murah?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)