Mau Pakai Kijang Kapsul Bensin untuk Harian? Segini Biaya Perawatan dan Restorasinya

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 09 Jul 2021 17:48 WIB
Toyota Kijang Kapsul 1.8 LGX 1998
Ilustrasi Toyota Kijang Kapsul 1.8 LGX lansiran tahun 1998 Foto: Istimewa/William W.
Jakarta -

Toyota Kijang Kapsul sudah hadir sejak 1997 dan sudah terkenal menjadi mobil sejuta umat, bahkan hingga saat ini. Namun untuk merawat Toyota Kijang Kapsul bermesin bensin untuk harian, berapakah biaya yang perlu dikeluarkan? Simak, deh!

Salah seorang pemilik Toyota Kijang Kapsul bensin tipe LGX 1.8 lansiran tahun 1998 berbagi cerita kepada detikOto, tentang perawatan serta restorasi mobil ini untuk dipakai harian.

Toyota Kijang Kapsul 1.8 LGX 1998Tampak samping Toyota Kijang Kapsul 1.8 LGX 1998 setelah direstorasi oleh William Foto: Istimewa/William W.

William W. mengatakan bahwa dirinya saat ini menggunakan Kijang Kapsul bensin LGX 1.8 berusia 23 tahun tersebut untuk dipakai harian dan menurutnya 'super hemat'.

"Jadi Kisul (Kijang Kapsul) ini sebenarnya mobil almarhum mertua saya yang dipakai dari baru sejak tahun 1998. Lalu saya restorasi mobil itu," papar William kepada detikOto.

"Untuk biaya perawatan benar-benar super hemat. Perawatan per 5.000 km paling banyak habis Rp 1 Juta aja," ujar Willam yang juga memiliki usaha jual-beli dan perawatan mobil.

Untuk urusan konsumsi bahan bakarnya, Kijang Kapsul bensin ini tergolong irit untuk mobil dengan mesin kapasitas 1.800cc.

Toyota Kijang Kapsul 1.8 LGX 1998Tampilan interior kabin depan Toyota Kijang Kapsul 1.8 LGX 1998 Foto: Istimewa/William W.

"Untuk konsumsinya di 1 banding 7km (7km/Liter) dengan Pertalite, ini untuk rutinitas hari-hari di dalam kota Jakarta," papar William.

"Kalau ke luar kota itu, contohnya rute Jakarta ke Puncak (Kab. Bogor), bisa dapat 9km/Liter," lanjutnya.

William mengatakan, untuk mesin Kijang Kapsul jenis 7K Karburator ini, kurang disarankan menggunakan bensin dengan oktan yang tinggi.

Untuk pajak tahunan Toyota Kijang Kapsul lansiran 1998 ini, William mengatakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dari tunggangan hariannya ini hanya Rp 1 Jutaan.

Saat ini, mungkin langka menemukan Toyota Kijang Kapsul bekas yang ditawarkan dengan kondisi sempurna. Namun, menurut William untuk merestorasi Kijang Kapsul ini tidaklah sulit.

"Untuk restorasinya, boleh dibilang nggak terlalu sulit. Untuk part saya gaada kesulitan mencarinya, tapi memang nggak semua ada di Jakarta. Beberapa ada yang say dapat di Jogja, Bandung dan Surabaya," papar William.

William mengedepankan restorasi original untuk Kijang Kapsul-nya ini dan menurutnya, harga part original dari Kijang Kapsul ini cenderung wajar dan tidak mahal.



Simak Video "Tips Memilih Toyota Kijang Kapsul Bekas yang Masih Oke!"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/mhg)