Siap-siap, Hyundai Staria Dijadwalkan Masuk Indonesia Tahun Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 06 Jul 2021 16:20 WIB
Hyundai Staria
Hyundai Staria Foto: Hyundai
Jakarta -

Hyundai Staria bakal melantai di Thailand pada pekan ini, tepatnya Jumat (9/7/2021). Pabrikan asal Korea ini juga berencana untuk memperlebar pasar di Asia Tenggara.

Negara Asia Tenggara yang selanjutnya bakal menjadi tempat pelabuhan Hyundai Staria ialah Vietnam, Malaysia, dan kemudian Indonesia. Rencananya mobil penerus Starex ini dijadwalkan mendarat antara Juli hingga September.

"Hyundai juga berencana untuk mengenalkan Staria minivan di Vietnam, Malaysia dan Indonesia pada kuartal ketiga," ujar juru bicara Hyundai seperti dikutip Yonhap, Selasa (6/7/2021).

Produsen mobil Ioniq dan Kona ini bertujuan untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar di Thailand dan pasar Asia Tenggara lainnya, yang telah lama didominasi oleh produsen mobil Jepang.

Pertanda kehadiran Hyundai Staria di Indonesia sudah tercium sejak April 2021 lalu. Mobil dengan desain futuristis yang terinspirasi dari pesawat luar angkasa ini sudah terdaftar nilai jual kendaraan bermotor di laman Samsat DKI Jakarta.

NJKB Hyundai Staria sudah muncul di Samsat DKI Jakarta. Tertera Staria 2.2 2WD 8 AT dengan NJKB Rp 450 juta.

Untuk diketahui, NJKB ini bukanlah harga resmi Hyundai Staria. NJKB adalah angka dasar nilai jual kendaraan sebelum dikenakan pajak-pajak seperti Pajak Pertambahan Nilai, pajak kendaraan bermotor (PKB), dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB).

Hyundai Staria disebut sebagai Purpose Built Vehicle (PBV) dengan menawarkan kabin dan interior luas. Pun desain eksterior futuristik yang mencakup bagian depan yang anti-mainstream dengan lampu LED daytime running dan light bar yang memanjang horizontal.

Secara dimensi mobil ini memiliki wheelbase 3.273 mm dengan panjang keseluruhan 5.253 mm dan lebar 1.997 mm, dan tinggi 1.990 mm. Cukup luas untuk sebuah mobil MPV.

Tampaknya dari kode 2.2 yang tertera pada NJKB Samsat tersebut, varian mesin Hyundai Staria yang dijual di Indonesia ialah mesin diesel VGT 2.2 liter. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual enam-percepatan atau transmisi otomatis delapan-percepatan. Di atas kertas bisa menghasilkan output tenaga dengan estimasi sebesar 177 PS (174,5 HP) dan torsi 44 kgf-m (431 Nm).



Simak Video "Siap-siap! Minivan Hyundai Staria Bakal Masuk Indonesia Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)