Spesifikasi BMW M3 Competition Sedan dan BMW M4 Competition Coupe

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 30 Jun 2021 20:37 WIB
BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition meluncur di Indonesia.
BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition. Foto: Dok. BMW
Jakarta -

BMW Group Indonesia meluncurkan BMW M3 Competition sedan dan BMW M4 Competition Coupe. Keduanya memiliki pembaruan di sektor desain, performa hingga fitur-fiturnya.

"Kami menghadirkan BMW M3 Competition sedan, dan BMW M4 Competition coupe terbaru. Performa lebih kuat, desain lebih berani, teknologi lebih canggih," kata Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania dalam peluncuran BMW M3 dan M4 secara virtual, Rabu (30/6/2021).

Kedua mobil sport ini mengusung teknologi sasis dari BMW M4 GT3, desain eksterior ekspresif, hingga interior baru dengan material premium, dan sistem operasi BMW M Drive Professional yang hadir pertama kali di rangkaian sports cars terbaru ini.

Apa saja yang spesial dari BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition?

1. Desain

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition menyajikan desain yang lebih berani. Dilihat dari bagian depan, tampilan BMW M3 dan BMW M4 terbaru ini sangat berbeda. Hal itu ditandai dengan grille baru yang lebih besar.

Kidney grille khas mobil-mobil BMW kini tampil lebih besar pada M3 dan M4 terbaru. Menurut Jodie, kidney grille tanpa frame pada BMW M3 Competition dan M4 Competition ini terinspirasi dari desain motorsport.

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition meluncur di Indonesia.BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition meluncur di Indonesia. Foto: Dok. BMW

Selain bagian grille vertikal dengan kisi-kisi udara horizontal, yang menjadi ciri khas tampilan BMW M3 dan M4 terbaru ini adalah fender yang lebar dengan BMW M gills di bagian depan dan kisi udara pada apron depan dan belakang. Kedua model, sedan dan coupé juga memiliki atap yang terbuat dari carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) dengan antenna sirip yang dioptimalkan secara aerodinamis, spoiler belakang dan dua exhaust tailpipes khas BMW M.

Lampu depan LED Adaptif dengan BMW Laserlight hadir menjadi standar pada BMW M3 Competition Sedan dan BMW M4 Competition Coupé. Kedua mobil ini tersedia dengan tiga pilihan cat eksterior eksklusif, yaitu Sao Paulo Yellow, Toronto Red metallic dan Isle of Man Green metallic.

2. Interior

Di bagian interiornnya, BMW M3 Competition sedan dan BMW M4 Competition coupe menawarkan desain kokpit yang ergonomis. Di dalamnya terdapat BMW M Sport Seats baru yang dapat disetel secara elektrik. Jok tersebut dibalut dengan trim kulit fine-grain Merino dengan fitur ventilasi udara. Desain terbaru pada jok ini juga memberikan impresi sporty melalui elemen warna BMW M dan single-tone leather.

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition meluncur di Indonesia.Interior BMW M3 Competition. Foto: Dok. BMW

Selain itu, kedua mobil ini juga dilengkapi dengan M Carbon interior package. Material serat karbon tak hanya ada pada bagian interior trim dan central console, namun juga diperhalus hingga aplikasi pada bagian setir dan paddle shift untuk pertama kalinya.

3. Mesin 510 Dk

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition menggendong mesin bensin 3.0-liter 6-silinder BMW TwinPower Turbo dengan 2 mono-scroll turbochargers, indirect charge air-cooling, Valvetronic, Double-VANOS, High Precision Injection (maksimum 350 bar).

Mesin ini memadukan karakteristik high-revving khas BMW M dengan teknologi BMW M TwinPower Turbo terbaru. Dua turbocharger dengan sistem pendinginan Indirect Charge air-cooling, sistem asupan udara yang mengoptimalkan aliran udara, dan sistem direct-injection yang bekerja dengan tekanan maksimum 350 bar membantu menghasilkan tenaga instan.

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition meluncur di Indonesia.Mesin BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition. Foto: Dok. BMW

Mesin BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupe Competition mampu menghasilkan torsi puncak 650 Nm dari 2.750 hingga 5.500 rpm. Tenaga maksimalnya mencapai 510 hp yang tersedia pada 6.250 rpm dengan red-line di 7.200 rpm.

Hasilnya, BMW M3 Competition sedan dan BMW M4 Competition coupe bisa berakselerasi dari posisi diam hingga 100 km/jam dalam waktu 3,9 detik. Akselerasi 0-200 km/jam hanya dalam 12,5 detik. Kecepatan tertingginya dibatasi secara elektronik hingga 250 km/jam.

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition mengusung transmisi otomatis M Steptronic 8-percepatan dengan Drivelogic. Ini memungkinkan pergantian gigi sepenuhnya otomatis dan perpindahan manual dengan tuas BMW M-specific di konsol tengah atau paddle shift di lingkar kemudi. Pemilihan karakteristik perpindahan gigi dikendalikan menggunakan tombol Drivelogic yang terintegrasi pada tuas transmisi. Pengemudi dapat mengakses tiga pengaturan yang sangat berbeda dalam mode otomatis dan manual.

4. Stabilitas

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition diklaim menghadirkan kombinasi dinamisme, kelincahan, dan presisi yang menjadi ciri khas kendaraan BMW M. Paket bracing yang dikembangkan khusus untuk kompartemen mesin, subframe as-roda depan, under-floor bracing di bawah, dan pada subframe as-roda belakang dengan sambungan langsung ke bodi berperan dalam pengendalian mobil yang dapat dikontrol secara presisi bahkan pada akselerasi ekstrem.

Adaptive BMW M-suspension dengan suspensi yang dikontrol secara elektronik dan BMW M-specific kinematics dan elastokinematika untuk as-roda depan dan belakang menjadi fitur standar M3 Competition Sedan dan BMW M4 Competition Coupe. Model ini juga memiliki kemudi BMW M Servotronic dengan rasio variabel dan versi BMW M-specific yang terintegrasi dengan sistem pengereman, menghadirkan 2 impresi respon rem dan pedal feel yang berbeda.

BMW juga menyempurnakan bagian kaki-kaki dengan styling yang berbeda dan ukuran velg yang berbeda untuk as-roda depan dan belakang. BMW M3 Competition Sedan dilengkapi velg forged BMW M light-alloy Double-spoke style 825 M Bi-colour Jet Black burnished, sedangkan BMW M4 Competition Coupé dilengkapi dengan velg forged BMW M light-alloy Double-spoke style 826 M Bi-colour Jet Black burnished with Translucent Shadow. Keduanya hadir dengan ukuran ban yang berbeda untuk roda depan dan belakang, depan dengan ukuran 19x9,5J dan belakang 20x10,5J. Kedua model ini menggunakan ban dengan ukuran 275/35 R19 di bagian depan dan 285/30 R20 di bagian belakang.

5. Fitur-fitur

BMW menghadirkan BMW M Drive Professional yang dirancang khusus untuk berkendara di sirkuit. Ini termasuk BMW M Traction Control yang inovatif, yang memungkinkan fungsi pembatasan slip roda terintegrasi dengan sistem DSC untuk disesuaikan (melalui sepuluh penyetelan) dengan preferensi dan kebutuhan pribadi pengemudi. Elemen lain dari BMW M Drive Professional adalah BMW M Drift Analyser, yang mencatat dan menilai statistik drift, dan BMW M Laptimer yang mencatat waktu putaran dan informasi lain yang dihasilkan selama berkendara di sirkuit.

Paket M Drive Professional juga menghadirkan fungsi M Traction Control terbaru, yang dapat diakses di moda TRACK. Sistem kontrol traksi ini memungkinkan pengemudi untuk mengatur ambang batas intervensi untuk slip roda.

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition meluncur di Indonesia.Interior BMW M4 Competition. Foto: Dok. BMW

Tombol Setup di konsol tengah menyediakan akses langsung ke opsi pengaturan mesin, sasis, kemudi dan sistem pengereman, Gear Shift Assistant, dan kontrol traksi.

Sementara itu, BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition memiliki fitur-fitur seperti sistem driving-assistance mutakhir yang meringankan beban kerja pengemudi. Kedua mobil sport ini hadir dengan Active Park Distance Control dengan sensor di depan dan belakang, Front Collision Warning with brake intervention dan Lane Departure Warning. Fitur Parking Assistant 2.0 yang dilengkapi dengan Surround View system, juga dengan Reversing Assistant hadir sebagai standar.

Selain itu ada juga 3-zone climate control, pencahayaan interior LED termasuk ambient lighting, dan sistem speaker Harman Kardon yang meningkatkan kenyamanan. BMW Live Cockpit Professional dan BMW Intelligent Personal Assistant juga hadir sebagai standar untuk BMW M3 Competition Sedan dan BMW M4 Competition Coupe. Pemilik mobil ini juga bisa mengintegerasikannya smartphone secara nirkabel untuk penggunaan Apple Car dan Android Auto.

6. Harga

Berikut daftar harga BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition:

- BMW M3 Competition: Rp 2.059.000.000 off-the-road
- BMW M3 Competition Individual: Rp 2.599.000.000 off-the-road
- BMW M4 Competition: Rp 2.119.000.000 off-the-road
- BMW M4 Competition Individual: Rp 2.659.000.000 off-the-road.

Paket penjualan kedua mobil sport ini termasuk BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km (mana yang dicapai lebih dulu) dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh. Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun yang mencakup 100% biaya penggantian hingga 4 ban selama periode garansi.

7. Spesifikasi lengkap

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition
Spesifikasi Utama
Tipe:Sedan (M3 Competition), Coupe (M4 Competition)
Mesin:3.000 cc enam silinder
Tenaga:510 daya kuda
Transmisi:Otomatis 8 percepatan
Bahan Bakar:Bensin
Jumlah Kursi:5 (M3 Competition sedan), 4 (M4 Competition Coupe)
Harga:Mulai dari 2.059.000.000 off-the-road

Spesifikasi Lengkap
MESIN & PERFORMA
Tipe Mesin:Mesin bensin 3.0-liter 6-silinder BMW TwinPower Turbo dengan 2 mono-scroll turbochargers, indirect charge air-cooling, Valvetronic, Double-VANOS, High Precision Injection (maksimum 350 bar).
Kapasitas Mesin:2.993 cc
Silinder:6 silinder segaris
Transmisi:M Steptronic transmission with Drivelogic
Girboks:8 percepatan
Tenaga Maksimal:510 daya kuda
Torsi Maksimal:650 Nm
Top Speed:250 km/jam
0-100 Km/jam:3,9 detik
Bahan Bakar:Bensin
Kapasitas Tanki:59 liter

DIMENSI
Panjang:4.794 mm (M3 Competition sedan), 4.794 mm (M4 Competition coupe)
Lebar:2.068 mm (M3 Competition sedan), 2.081 mm (M4 Competition coupe)
Tinggi:1.437 mm (M3 Competition sedan), 1.393 mm (M4 Competition coupe)
Berat:1.805 kg.
Ground Clearence:-
Wheel Base:2.857 mm

SETIR, SUSPENSI & BAN
Suspensi Depan:Adaptive M suspension with M-specific control of damper characteristics
Suspensi Belakang:Adaptive M suspension with M-specific control of damper characteristics
Ban:275/35 R19 (depan) dan 285/30 R20 (belakang).
Velg:19x9,5J (depan), 20x10,5J (belakang)
Rem Depan:Black high-gloss with 6-piston fixed-calliper brake/380 mm
Rem Belakang:Single-piston floating-calliper brake/370 mm
ABS:Ya

EKSTERIOR
Lampu Depan:LED Adaptif dengan BMW Laserlight
Lampu Belakang:-
Lampu Kabut:-
Spion:-
Side Skirt:Ya
Spoiler:Ya
Roof Rail:-
Bagasi Otomatis:-

INTERIOR
Jumlah kursi:5 (M3 Competition sedan), 4 (M4 Competition coupe)
Sunroof:-
Moonroof:-
Panorama Roof:-

KEAMANAN & KESELAMATAN
ABS:Ya
Brake Assist:
Airbag Sopir:Ya
Airbag Penumpang:Ya
Airbag Samping:Ya
Kontrol Traksi:Ya
Kamera Parkir:Ya
Kamera 360:

HIBURAN & KOMUNIKASI
Android Auto:Ya
Apple CarPlay:Ya
Konektivitas Bluetooth:Ya
Konektivitas Wifi:-
Layar Sentuh:
Ukuran Layar:12.3"


Simak Video "Makin Mirip Harley, Ini Tampilan BMW R 18 Transcontinental dan R 18 B"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)