Bikin Pengendara Ingin Ngebut di Jalan, Snapchat Akan Hapus Fitur Ini

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 21 Jun 2021 16:24 WIB
Snapchat Sptotlight, fitur pesaing TikTok
Ilustrasi Foto: Snap
Jakarta -

Aplikasi media sosial Snapchat akan menghapus salah satu filter atau fitur untuk penggunanya yaitu 'Speed Filter' setelah mendapat protes. Soalnya, filter ini diketahui jadi penyebab sejumlah pengendara pamer kecepatan namun berisiko terjadinya kecelakaan.

Filter ini pertama kali diperkenalkan pada 2013 lalu. Filter yang diaktifkan melalui kamera ini memungkinkan pengguna Snapchat mengetahui seberapa cepat laju kendaraan yang ditumpangi atau dikendarainya.

Namun, sejumlah pengguna Snapchat terutama kalangan muda menjadikan filter tersebut sebagai ajang pamer sesama teman. Mereka dengan sengaja memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi lalu menggunakan filter tersebut untuk mencatat seberapa kencang kendaraannya.

Sayang, banyak sejumlah kasus kecelakaan di Amerika Serikat yang disebabkan penggunaan 'Speed Filter' dari Snapchat. Rata-rata korbannya merupakan kalangan remaja yang sengaja ingin membagikan hasil kecepatan paling tinggi diantara pengguna lain.

Dikutip dari Car and Driver, Snapchat pun berulang kali dituntut oleh anggota keluarga korban yang mengalami kecelakaan. Pengadilan Negeri di Amerika Serikat turun tangan untuk menangani masalah tersebut, terlebih sejak 2015-2017 sudah ada belasan kasus kecelakaan yang menyebabkan korban meninggal dunia akibat filter ini.

Seperti kasus seorang wanita tewas saat memacu Mini Cooper hingga menempuh kecepatan 170 km/jam pada Maret 2018 lalu. Kejadian lain terjadi pada Februari 2016, di mana tiga wanita meninggal dunia setelah mobil Camaro yang dikendarai jatuh ke dalam jurang dan terbakar, saat itu pengemudi memacu mobil hingga 110 km/jam.

[Gambas:Youtube]



Agar kejadian tersebut tidak terulang lagi, Snapchat kemudian mengubah Speed Filter menjadi sebuah stiker. Selain itu ada juga tulisan peringatan 'Jangan Menggunakan Snapchat Sambil Berkendara' kepada seluruh penggunanya.

Snapchat juga membatasi kecepatan maksimal kendaraan yang bisa diunggah dan disebar ke pengguna lain yakni sebesar 35 mph atau 55 km/jam saja.

Juru bicara Snapchat mengatakan jika filter dalam aplikasinya ini mulai jarang digunakan lagi. Alhasil perlahan pihak Snapchat ingin menghapus filter tersebut secara permanen.

Spekulasi yang beredar jika Snapchat akan menghapus fitur kecepatan tersebut pekan ini. Namun pihaknya mengatakan butuh waktu untuk bisa menghilangkan filter itu ke seluruh penggunanya, diprediksi dalam beberapa minggu ke depan filter tersebut resmi hilang.

Masalah filter Snapchat ini akan diselesaikan lebih lanjut oleh Pengadilan Negeri di Amerika Serikat. Pihak pengadilan memberi waktu kurang lebih selama satu bulan untuk menghapus filter tersebut jika keputusan telah ketok palu.



Simak Video "Pengawal Ambulans COVID-19 BPBD Yogya Tabrakan dengan Mobil Boks"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)