Rencana Valentino Rossi Usai Pensiun di MotoGP, Terjun ke Balap Mobil

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 21 Jun 2021 14:41 WIB
Valentino Rossi di sesi Free Practice MotoGP Catalunya 2021
Valentino Rossi Foto: MotoGP
Jakarta -

Pebalap Valentino Rossi dikabarkan tengah mempertimbangkan soal kelanjutan karir di MotoGP. Jika benar dirinya akan gantung helm, The Doctor pastikan tidak ingin meninggalkan dunia balap secara langsung dan besar kemungkinan akan memilih untuk terjun ke balap mobil.

Peraih juara dunia sebanyak sembilan kali ini diisukan akan mengakhiri karir balapnya di MotoGP pada akhir musim ini. Wajar mengingat dirinya sudah 26 tahun melintang di lintasan, dikatakan Rossi akan memutuskan masa depannya saat periode break musim panas kalender MotoGP, seperti dilansir motorsport.

Artinya, usai gelaran MotoGP Belanda yang digelar pekan ini, Rossi siap membuat keputusan untuk tetap lanjut di ajang bergengsi MotoGP atau pensiun. Tim Yamaha Petronas SRT juga sedang mempertimbangkan apakah Rossi tetap menjadi rider andalannya untuk musim 2022.

Jika benar pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi punya hasrat untuk melanjutkan karirnya di dunia balap mobil. Tak ragu, pria asal Italia ini tertarik untuk bersaing di kompetisi Le Mans 24 Hours.

"Seperti yang selalu saya katakan, ketika saya selesai dengan dunia MotoGP saya ingin terjun ke dunia balap mobil," kata Rossi dikutip Motorsport.

"Saya memiliki beberapa pengalaman dengan balap rally karena saya fanatik dengan mobil rally. Saya juga melakukan beberapa kejuaraan balap dunia, tetapi bagi saya rally cukup sulit karena sangat dituntut dan saya ingin balapan di sirkuit lagi karena lebih menyukainya," sambungnya.

BARCELONA, SPAIN - JUNE 05:  Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT  prepares to start in box during the MotoGP of Catalunya - Qualifying at Circuit de Barcelona-Catalunya on June 05, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)BARCELONA, SPAIN - JUNE 05: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT prepares to start in box during the MotoGP of Catalunya - Qualifying at Circuit de Barcelona-Catalunya on June 05, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Rossi sebelumnya pernah mengikuti kejuaraan balap mobil GT3 dengan menunggangi Ferrari dalam beberapa tahun terakhir. The Doctor menyebut kemungkinan besar dia akan bersaing di ajang balap tersebut setelah pensiun dari MotoGP, meskipun sampai saat ini belum tahu terjun di seri apa.

"Saya memiliki pengalaman membalap di kejuaraan GT3, ini merupakan kategori menarik karena punya banyak mobil pabrikan berbeda mulai dari Ferrari, Porsche, Bentley hingga Aston Martin," jelas rider berusia 42 tahun itu.

"Jadi, saya pikir saya akan balapan dengan mobil jenis itu ketika saya berhenti balapan di MotoGP. Tapi saya tidak tahu sampai sekarang harus terjun di seri apa," ungkapnya.

Dalam balap GT3, Rossi telah mengikuti ajang tersebut beberapa kali. Dirinya tampil perdana pada seri Blancpain Endurance Series tahun 2012 di Sirkuit Monza dan Nurburgring. Saat itu dia menjadi pebalap untuk tim Kessel Racing.

Kemudian di tahun 2019, Rossi berhasil meraih kemenangan perdana bersama Kessel Racing dalam kelas Pro-Am pada ajang Gulf 12 Hours di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kala itu dia tampil bersama sang adik, Luca Marini sebagai rekan satu timnya.

Pada Januari lalu Valentino Rossi juga ikut di ajang Bahrain 12 Hours bersama Kessel Racing. Hebatnya lagi dia berhasil meraih podium dengan finish di urutan ketiga.

Soal balap rally, Rossi telah mengikuti kejuaraan tersebut sebanyak dua kali. The Doctor memulai karir pada tahun 2002 dan finish di urutan ke-11, lalu kembali terjun dalam kejuaraan Rally Selandia Baru pada 2006 mengendarai Subaru Impreza.

Dirinya juga menorehkan catatan bagus dengan memenangi tujuh kali ajang Rally Monza yang digelar di Sirkuit Monza, Italia. Ternyata Rossi juga pernah menjajal sejumlah mobil F1 untuk tim Ferrari hingga Mercedes. Terakhir kali dia mencoba mobil F1 pada 2019 lalu saat ditantang oleh Lewis Hamilton untuk saling bertukar tunggangan.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)