Kapan Perpanjangan Diskon PPnBM 100% Resmi Berlaku? Kemenkeu: Tunggu Ya

Tim Detikcom - detikOto
Sabtu, 19 Jun 2021 07:35 WIB
Pemerintah RI melalui Kementerian Perindustrian baru saja merilis PPnBM. Salah satu poin pentingnya yakni mengekspor kendaraan ke Australia.
Perpanjangan relaksasi PPnBM 100% belum diketuk palu (Foto: Grandyos Zafna/detikOto)
Jakarta -

Kementerian Keuangan Republik Indonesia buka suara mengenai aturan perpanjangan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk setiap pembelian mobil baru hingga Agustus 2021. Jawabannya masyarakat yang hendak membeli mobil baru diminta untuk bersabar ya.

"Untuk PMK perpanjangan kita masih dalam proses, belum ada informasi terkait kapan keluarnya. Kita tunggu ya, terima kasih," ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP, Neilmaldrin Noor kepada detikOto.

"Dan DJP (Direktorat Jenderal Perbendaharaan) sebenarnya kalau terkait kebijakan seperti PMK itu dalam koordinasi dengan BKF (Badan Kebijakan Fiskal). Kita tunggu," ucapnya.

Pemerintah RI melalui Kementerian Perindustrian baru saja merilis PPnBM. Salah satu poin pentingnya yakni mengekspor kendaraan ke Australia.Pemerintah RI melalui Kementerian Perindustrian baru saja merilis PPnBM. Salah satu poin pentingnya yakni mengekspor kendaraan ke Australia. Foto: Grandyos Zafna

Sebagai catatan pemerintah memunculkan wacana memperpanjang diskon PPnBM 100%. Semula, diskon PPnBM 100% berlaku sampai Mei 2021. Tapi, menurut Kementerian Perindustrian (Kemenperin) diskon PPnBM 100% akan diperpanjang sampai Agustus 2021.

"Kementerian Keuangan sudah senada dengan kami, bahwa PPnBM DTP dapat diperpanjang. Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, diperlukan terobosan untuk tetap menciptakan iklim usaha yang kondusif di tengah kondisi pandemi. Ini bertujuan membangkitkan kembali gairah usaha di tanah air, khususnya sektor industri, yang selama ini konsisten berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Minggu (13/6/2021) lalu.

Pemerintah akan melakukan perpanjangan fasilitas diskon PPnBM 100 persen untuk penjualan mobil 4x2 di bawah 1.500 cc hingga bulan Agustus 2021. Selanjutnya, periode untuk diskon PPnBM DTP 50 persen diperpanjang menjadi bulan Desember 2021.



Simak Video "Diskon PPnBM 100% Diperpanjang, Segini Diskon Mobil Honda"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)