Honda HR-V Vs Mobil China Diadu Banteng, Mana yang Paling Aman?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 16 Jun 2021 18:20 WIB
Uji Tabrak Honda HR-V Vs Mobil China
Uji Tabrak Honda HR-V Vs Mobil China. Foto: Istimewa
Jakarta -

Dalam memastikan keamanan sebuah mobil, jamak dilakukan uji tabrak mobil baru. Biasanya dilakukan oleh lembaga New Car Assessment Program (NCAP). Misalnya, di Asia Tenggara ada ASEAN NCAP yang akan menguji mobil-mobil baru yang dijual di kawasan ini.

Biasanya uji tabrak atau crash test dilakukan antara mobil baru dengan objek tertentu. Yang dilakukan para peneliti adalah menempatkan berbagai sensor di dalam mobil, memasang boneka uji tabrakan, dan menghubungkan mobil ke rig. Kendaraan tersebut kemudian dijalankan dengan kecepatan 64 km/jam hingga menabrak objek statis, misalnya dinding, tiang, atau penghalang yang dapat diubah bentuknya.

Kali ini ada cara yang beda. Chinese New Car Assessment Program (C-NCAP) menguji tabrak dua mobil secara langsung. Honda HR-V dan mobil China Geely Coolray sengaja diadu banteng untuk mengetahui tingkat keamanannya. Bagaimana hasilnya?

[Gambas:Youtube]



Sebagaimana terlihat, kedua mobil ini bertahan dengan baik dalam dampak tabrakan. Baik Honda HR-V maupun Geely Coolray menyajikan kemampuan keamanan yang baik untuk penumpangnya.

Dilaporkan, kedua mobil itu bertabrakan pada posisi yang tepat sesuai rencana. Bagian depan hancur diperkirakan karena crumple zone untuk membantu menyerap gaya tabrakan.

Airbag kedua SUV ini juga aktif dalam waktu 30 milidetik. Geely Coolray memiliki sabuk pengaman yang mengunci lebih cepat (9 milidetik) untuk menahan dummy dibandingkan Honda HR-V (15 milidetik). Sabuk pengaman dilengkapi dengan bahan peledak kecil (seperti di airbag) untuk langsung mengunci sabuk pengaman ketika tabrakan, sehingga bisa menahan penumpang.

Untuk Honda HR-V, sel pengamannya tetap utuh meskipun ada beberapa tekukan di pilar A. Ada juga sedikit gangguan di lantai mobil Honda. Sementara struktur Geely Coolray bertahan tanpa deformasi di pilar A.

Di ASEAN, Geely Coolray yang dijual di Malaysia dalam bentuk Proton X50 telah menerima lima bintang dalam tes tabrak ASEAN NCAP. Mobil China itu menawarkan proteksi tingkat tinggi untuk penghuninya.

Begitu juga untuk Honda HR-V yang mendapatkan nilai cukup apik untuk perlindungan penumpang. Keduanya terbukti sebagai mobil yang aman.



Simak Video "Desain Baru Honda HR-V Sudah Didaftarkan di Indonesia, Bentar Lagi Rilis?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)