Desain Baru Terdaftar, Honda Masih Pede dengan Model HR-V Sekarang

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 16 Jun 2021 15:20 WIB
Jakarta -

Desain yang diduga kuat sebagai HR-V baru terdaftar dalam di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM Indonesia. Tapi Honda Prospect Motor (HPM) belum memastikan kapan HR-V terbaru bakal meluncur, sebab saat ini masih positif diterima masyarakat.

"Honda HR-V model sekarang ini masih sangat diminati oleh konsumen di Indonesia. Sudah banyak inden di beberapa daerah untuk model ini bahkan sampai bulan Juli dan Agustus," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy kepada detikcom, Selasa (15/6/2021).

Memang seberapa besar penjualan HR-V di Indonesia?

Honda HR-V pertama kali melantai di Indonesia dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Mobil bergaya Sport Utility Vehicles (SUV) ini ditawarkan dalam 4 varian, yakni tipe 1.5L A M/T, 1.5L S M/T dan CVT, 1.5L E CVT, serta 1.8L CVT Prestige.

Bila melihat siklusnya yang mencapai lebih dari 5 tahun, Honda HR-V belum mendapat perubahan besar-besaran. Penyegaran Honda HR-V terakhir kali dilakukan melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, dengan mengusung desain baru pada Front Grille.

Honda HR-V 2021Honda HR-V 2021 Foto: Dok. Honda

Meski begitu, berdasarkan data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) penjualan Honda HR-V masih tembus ribuan unit per tahnnya. Pada 2019, HR-V mencatatkan penjualan sebesar 21.980 unit, kemudian tahun 2020 saat pasar otomotif turun, HR-V masih memberikan angka penjualan sebesar 13.021 unit.

Desain yang diduga HR-V baru terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RIDesain yang diduga HR-V baru terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI Foto: dok. Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkum HAM RI

Kemudian sepanjang bulan Januari - Mei 2021, secara wholesales HR-V mencatatkan angka lebih baik, yakni 7.288 unit. Menurut Billy, ini juga berkat relaksasi yang diberikan pemerintah lewat insentif PPnBM.

"Iya (efek relaksasi PPnBM), dengan adanya relaksasi PPnBM dari pemerintah, antusias konsumen dalam memiliki kendaraan jadi tinggi. Diharapkan tren ini terus berlanjut seiring dengan perpanjangan relaksasi PPnBM," kata Billy.

Diberitakan detikcom sebelumnya, dalam Berita Resmi Desain Industri No.17/DI/2021 yang terbit pada Juni 2021 tercantum Honda Motor Co Ltd mendaftarkan karyanya sejak 30 Oktober 2020. Sementara desainernya tercatat Daisuke Akojima, yang diketahui sebagai desainer eksterior dari New HR-V.

Tidak hanya itu, Honda Motor Co., Ltd juga mendaftarkan beberapa desain paten lain seperti panel instrumen, konsol tengah, bumper depan-belakang, hingga lampu depan.

Sales promotion girl (SPG) memamerkan Honda HR-V di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, ICE BS, Tangerang.HR-V saat melantai di GIIAS 2018 Foto: Ari Saputra

Sekilas mobil ini mirip dengan HR-V generasi baru yang melantai lebih dulu di Jepang dan Singapura. Namun Honda tidak memastikan apakah mobil ini bakal segera masuk pasar Indonesia.

"Dalam hal produk refreshment kami selalu melihat kondisi pasar dan kebutuhan konsumen di waktu yang tepat," kata Billy.

(riar/din)