Wuling Hongguang Mini EV Rp 60 Jutaan Mulai Tes Jalan di Negara Tetangga

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 13 Jun 2021 11:50 WIB
Wuling Hongguang Mini EV
Wuling Hongguang Mini EV Foto: Wuling
Jakarta -

SAIC-GM-Wuling (SGMW) memiliki mobil listrik berbentuk mungil, Wuling Hongguang Mini EV. Mobil listrik murah itu didapati sedang tes jalan di negara tetangga, Filipina.

Dikutip Autoindustriya, Minggu (13/6/2021) Wuling Hongguang Mini EV ini tertangkap kamera sedang berada di Merville, Paranaque, Filipina. Belum ada keterangan resmi apakah mobil tersebut bakal dipasarkan juga di negara berjuluk Mutiara Laut dari Orien ini.

Bukan tidak mungkin kesuksesan Wuling Hong Guang Mini EV bakal berlanjut di negara lain. Hanya dalam 9 bulan setelah dirilis di China, perusahaan telah menjual lebih dari 270.000 unit mobil listrik mungil ini. Perusahaan ini bertujuan untuk memiliki angka penjualan tahunan 1,2 juta kendaraan tahun depan.

Sebab harganya terbilang miring dari mobil listrik yang ada di pasaran sekarang. Di China mobil listrik mungil ini dijual mulai US$ 4.500 atau sekitar Rp 64 Jutaan.

Mobil ini punya panjang 2.917 mm, lebar 1,493 mm, dan tinggi 1,621 mm, dengan wheelbase 1,940 mm. Dengan ukuran itu, Hongguang Mini EV terbilang compact.

Namun meski kecil, Wuling menyediakan tempat duduk untuk empat orang dewasa. Bila benar-benar menyimpan barang di bagasi, penggunanya harus melipat kursi belakang.

menempuh kecepatan hingga 100 km/jam. Sekali ngecas, mobil listrik bisa menempuh 200 km. Angka itu lebih dari cukup untuk warga yang tinggal di daerah perkotaan yang biasanya hanya butuh jarak tempuh pendek.

Sementara dari performanya, Wuling Hong Guang Mini EV dibekali motor elektrik bertenaga 27 dk. Tenaga disuplai oleh baterai compact 13,8 kWh.

Bagaimana dengan Indonesia?

Media Relation Wuling Motors, Brian Gom Gom belum merespons pertanyaan detikcom terkait Wuling Hong Guang Mini EV di Indonesia, Minggu (13/6/2021).

Namun seperti dikutip dari CNBC Indonesia pada April lalu, pihak Wuling di Indonesia saat ini masih melakukan studi untuk memasukkan kendaraan listrik di Indonesia. Bila studinya cocok bagi pasar Indonesia, maka keniscayaan mobil listrik mungil ini bisa masuk Indonesia.

"Mobil listrik masih meneliti pasar dulu, setiap model baru, akan riset dulu, melihat dulu ekosistemnya, kita masih fokus dengan Almaz, Almaz RS, Cortez dan Confero," kata Media Relation Wuling Motors Brian Gomgom kepada CNBC Indonesia, Selasa (13/4).

Ia menegaskan studi ini tak hanya merujuk pada model Wuling Hong Guang Mini EV saja tapi model mobil listrik lainnya, yang berpotensi masuk Indonesia.

"Masih studi kendaraan listrik, bukan cuma model tertentu, kita banyak line up mobil listrik lainnya seperti E200, dan lainnya," katanya.



Simak Video "Mobil Listrik Murah dari Wuling Laku Keras di China, Hajar Penjualan Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)