Ini Toyota Land Cruiser 300 Series, Lebih Tangguh dan Kekar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 11 Jun 2021 07:40 WIB
Toyota Land Cruiser 300 Series
Toyota Land Cruiser. Foto: Dok. Toyota
Jakarta -

All new Toyota Land Cruiser melakoni debutnya. Dijuluki 300 Series, Toyota Land Cruiser terbaru ini menggunakan platform GA-F Toyota, platform dari keluarga Toyota New Global Architecture (TNGA).

Dikutip dari siaran resmi Toyota, Land Cruiser 2022 ini ditujukan untuk menciptakan pengalaman berkendara yang memungkinkan pengemudi mudah menangani semua jenis jalan tanpa mudah lelah. Konstruksi body-on-frame yang didesain ulang ditujukan untuk mengurangi bobot dan meningkatkan kekakuan.

Toyota Land Cruiser 300 Series menjadi penerus 200 Series yang meluncur sejak 2007. Mobil ini telah mengalami diet hingga bobotnya berkurang 200 kg dari bobot keseluruhan kendaraan, termasuk dari rangka dan bodinya. Pusat gravitasi pun lebih rendah, begitu juga distribusi bobot yang lebih baik serta struktur suspensi yang lebih baik.

Secara tampilan Toyota Land Cruiser 300 Series tampak lebih kekar. Di bagian eksterior, Land Cruiser terbaru ini mengedepankan keindahan fungsional yang sejalan dengan warisan Land Cruiser. Posisi lampu dan bentuk bumper diklaim tidak akan rusak saat berkendara di medan offroad.

Toyota Land Cruiser 300 SeriesToyota Land Cruiser 300 Series Foto: Dok. Toyota

Di bagian interior, disediakan panel instrumen horizontal yang dengan mudah menangkap posisi kendaraan bahkan saat berkendara di luar jalan raya. Selain itu, Toyota mengejar kenyamanan operasional dengan memposisikan sakelar yang dapat dioperasikan secara intuitif sesuai fungsi.

Kemampuan offroad telah ditingkatkan melalui improvement artikulasi roda. Toyota Land Cruiser terbaru ini dibekali Electronic Kinetic Dynamic Suspension System atau E-KDSS, pertama di dunia menurut Toyota.

Pengemudi Land Cruiser 300 Series ditawarkan visibilitas yang lebih baik dengan tambahan Multi-Terrain Monitor. Fitur itu menawarkan pandangan segala rintangan di depan. Sementara Multi Terrain Select secara otomatis memilih mode berkendara yang paling cocok untuk jenis permukaan jalan yang terdeteksi.

Dengan platform baru, Land Cruiser 2022 ini juga mendapatkan berbagai pilihan mesin baru. Kini, Land Cruiser ditawarkan dengan pilihan mesin enam silinder bensin dan diesel. Sementara mesin V8 yang ada pada Land Cruiser 200 Series telah digantikan.

Toyota Land Cruiser 300 SeriesToyota Land Cruiser 300 Series Foto: Dok. Toyota

Mesin bensin Toyota Land Cruiser dengan konfigurasi V6 twin-turbo 3,5 liter mampu menyebutkan tenaga hingga 415 PS dengan torsi maksimal 650 Nm. Sementara mesin diesel 3,3 liter twin-turbo V6 memiliki tenaga 309 PS dengan torsi maksimal 700 Nm. Keluaran tenaga itu disalurkan melalui transmisi otomatis 10 percepatan dengan sistem drive all four wheels. Ada juga pilihan mesin bensin V6 naturally aspirated atau non-turbo dengan transmisi otomatis enam percepatan. Pilihan mesin naturally-aspirated akan disediakan untuk pasar tertentu.

Land Cruiser 300 Series dibekali fitur keselamatan yang dikemas dalam Toyota Safety Sense. Dua fungsi baru telah ditambahkan pada pre-collision system yang membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan dengan mendeteksi pejalan kaki (siang dan malam) dan pengendara sepeda (siang hari). Pertama, fungsi mendeteksi kendaraan yang melaju di persimpangan dan pejalan kaki yang melintas ketika Land Cruiser ini berbelok. Yang kedua adalah fungsi emergency steering dan penghindaran tabrakan.

Selain itu, Land Cruiser baru telah mengadopsi Parking Support Brake, yang membantu mencegah kecelakaan dengan mengenali rintangan di depan dan belakang kendaraan di tempat parkir. Fitur ini juga bisa mengenali kendaraan lain yang mendekat saat Land Cruiser mundur, juga mampu mengenali pejalan kaki.

Tak cuma varian standar, Toyota Land Cruiser juga ada pilihan GR Sport yang lebih sporty. Land Cruiser GR Sport memiliki trim eksterior hitam dan velg yang berbeda.



Simak Video "Honda Luncurkan Civic Generasi Ke-11"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)