Land Cruiser Jokowi Terobos Banjir Kalsel, Ini Spek dan Harganya

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 19 Jan 2021 15:22 WIB
Presiden Joko Widodo yang berada di dalam mobil kepresidenan melintasi banjir di Desa Pekauman Ulu, Kabupaten banjar, Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka melihat langsung dampak banjir dan meninjau posko pengungsian korban banjir di Provinsi Kalimantan Selatan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/aww.
Toyota Land Cruiser Jokowi terobos banjir. Foto: ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S
Jakarta -

Mobil Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerobos banjir di Kalimantan Selatan. Saat meninjau lokasi banjir, Jokowi menumpangi mobil Toyota Land Cruiser.

Ini bukan pertama kalinya Jokowi menggunakan mobil Toyota Land Cruiser. Pada 2019 lalu, Jokowi juga menggunakan Land Cruiser saat meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Pelalawan, Riau. Saat meninjau calon ibu kota baru di Kalimantan pada 2019, Jokowi juga memakai Land Cruiser.

Kemarin, rombongan mobil kepresidenan menerobos banjir saat melintas di wilayah Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Dalam video yang terekam, tampak Toyota Land Cruiser yang ditumpangi Jokowi dengan mulus menerobos banjir.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan peristiwa itu terjadi saat rombongan mobil kepresidenan melaju dari bandara menuju Jembatan Pekauman. Di lokasi tersebut, Jokowi meninjau Sungai Martapura.

Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menegaskan mobil yang ditumpangi Jokowi itu tidak terendam.

"Itu benar melewati genangan air tapi tidak terendam. Memang genangan air setinggi itu dan kami tahu ada genangan seperti itu. Jadi tidak masalah dan semua terkendali. Kebetulan mobil yang digunakan tinggi-tinggi, Commuter aja bisa lewat," ujar Bey.

Toyota Land Cruiser memang merupakan sebuah SUV yang cukup tangguh. Dengan ground clearance yang tinggi, mobil ini cocok digunakan untuk medan berat sekalipun.

Di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi menjual Toyota Land Cruiser. Ada dua tipe yang dijual TAM secara resmi, yaitu Toyota Land Cruiser standar dan Full Spec.

Naik Land Cruiser, Jokowi Tinjau Titik Istana di Ibu Kota BaruLand Cruiser yang Ditumpangi Jokowi saat Tinjau Titik Istana di Ibu Kota Baru 2019 lalu. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Toyota Land Cruiser yang tertera dalam laman resmi Toyota Astra Motor menggunakan mesin diesel V8 4.461 cc. Mesin V8 dengan kode 1VD-FTV itu dikawinkan dengan transmisi otomatis triptonic 6 percepatan.

Toyota Land Cruiser mampu menyemburkan tenaga hingga 231 daya kuda pada 3.200 rpm. Sementara torsi maksimalnya mencapai 615 Nm pada 1.800-2.200 rpm.

Secara dimensi, SUV ini memiliki panjang 4.950 mm, lebar 1.970 mm, dan tinggi 1.905 mm. Sementara jarak poros roda/wheelbase mencapai 2.850 mm.

Land Cruiser dibekali dengan suspensi depan double wishbone dan suspensi belakang 4 link coil rigid with lateral rod. Untuk daya pengereman, Toyota membekali rem cakram berukuran 17 inci di depan dan belakang.

Sebagai SUV yang tergolong mewah, Land Cruiser dilengkapi beragam fitur keamanan dan keselamatan. Beberapa di antaranya mobil ini memiliki blind spot monitoring, rear cross traffic allert, beberapa airbag di dalam mobil, hill assist control, vehicle stability control, dan pastinya ada ABS (anti-lock braking system), EBD (Electronic brakeforce distribution), BA (brake assist).

Soal harga, Toyota Land Cruiser yang dijual resmi oleh PT TAM dibanderol mulai dari Rp 2.213.450.000 untuk tipe 200 STD SPEC A/T DIESEL. Sementara Toyota Land Cruiser 200 Full SPEC A/T DIESEL harganya mencapai Rp 2.551.150.000.



Simak Video "Mobilnya 'Dihadang' Massa, Jokowi Sempat Salami Emak-emak"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)