Maps Tambah Canggih di iOS 15, Apple Janjikan Hadir di Apple CarPlay

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 08 Jun 2021 18:34 WIB
Apple Maps iOS 15
Foto: Apple
Jakarta -

iOS 15 baru saja diperkenalkan di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2021. Dari serangkaian pembaruan yang diperkenalkan oleh Apple ke iOS 15 ini, ada satu hal yang menarik bagi para penggemar Apple dan pecinta otomotif.

Kini, Apple Maps diperkenalkan dengan lebih canggih dan sangat memudahkan bagi para pengguna jalan. Bukan hanya pengguna mobil atau motor, tapi Apple Maps ini akan mempermudah perjalanan para pejalan kaki yang menggunakan transportasi umum.

Meg Frost, Director Product Designs for Apple Maps mengatakan bahwa di iOS 15 ini Apple Maps akan ditawarkan dengan beragam hal detail yang lebih menarik dan memudahkan.

"Kami menambahkan hal-hal seperti elevasi (perbedaan tinggi rendah dataran), warna baru jalanan, pelabelan jalan yang lebih baik, dan ratusan landmark. Dan kami juga membuat mode night time yang lengkap dengan efek cahaya dari gedung-gedungnya," papar Meg Frost pada presentasi yang dilakukan Apple di ajang WWDCI 2021 silam (7/6/21).

Apple Maps iOS 15Detail yang ditambahkan oleh Apple ke Apple Maps iOS 15 ini diklaim untuk memudahkan penggunanya Foto: Apple

"Kami kira, pembaruan yang kami lakukan ini akan menambah keseruan siapapun yang akan menjelajahi kota," papar Meg.

Untuk pengguna Maps yang berkendara dengan mobil, Apple Maps sekarang menambahkan detail-detail yang lebih memudahkan ketika berkendara.

"Seperti tanda berbelok, tanda berputar, jalur taxi, dan juga ada tambahan jalur penyeberangan atau zebra cross, jalur pejalan kaki hingga jalur sepeda yang akan menavigasi setiap pengendara agar lebih aman ketika berkendara, khususnya ketika melewati persimpangan yang rumit," tambah Meg.

"Saat ini, untuk berkendara di tol Apple Maps sudah bisa menampilkan tiap jalur yang overlap dalam rona 3D," ujar Meg di WWDC 2021.

Apple menjanjikan bahwa semua kelebihan dan fitur-fitur baru dari Apple Maps ini akan tersedia untuk Apple Car Play.

"Dan pastinya, kami akan membawa pengalaman baru dalam berkendara menggunakan Apple Maps ini ke Apple CarPlay pada tahun ini," ujar Meg.

Apple Maps iOS 15Fitur Apple Maps di iOS 15 yang memudahkan pengguna transportasi umum Foto: Apple

Pembaruan untuk Pejalan Kaki

Untuk pengguna transportasi umum, kini Apple Maps semakin memudahkan fitur untuk mencari stasiun atau halte terdekat dan juga bisa menyimpan atau pin jalur transportasi umum favorit penggunanya.

Selain itu, yang menarik adalah di iOS 15 ini setiap transportasi umum yang digunakan akan ikut bergerak di Apple Maps. Sehingga pengguna dapat melihat dan mengetahui jika transportasi umum yang digunakan sudah dekat dengan stasiun atau halte tujuannya.

Namun saat ini segala fitur canggih di Apple Maps ini baru dapat digunakan di Amerika Serikat, Britania Raya, Irlandia dan Canada. Apple untuk tahun ini sedang fokus mengembangkan fitur baru Apple Maps ini di Spanyol, Portugal, Italy, Australia.





Simak Video "Fitur Baru yang Ditawarkan iOS 15"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)