Sudah Dipajang Kapan Morris Garage ZS Listrik Mulai Dijual di Indonesia?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 03 Jun 2021 14:55 WIB
Morris Garage ZS EV
Morris Garage ZS EV Foto: Pool (Morris Garage)
Jakarta -

Mobil listrik MG ZS EV sudah diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, April 2021 lalu. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda mobil listrik ini akan dipasarkan. Lalu kapan MG Motor Indonesia menjual MG ZS EV?

Kendaraan ramah lingkungan semakin menjadi tren di Tanah Air. Kendati populasi mobil listrik belum banyak dan infrastruktur charging station belum memadai, banyak brand-brand otomotif dunia yang 'nekat' memasarkan mobil listrik di Indonesia.

Salah satu merek otomotif yang berniat menjual mobil listrik adalah MG Motor. Merek asal Inggris yang kini dimiliki grup Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) asal China itu sudah meluncurkan mobil listrik full baterai, MG ZS EV, April lalu di IIMS Hybrid 2021.

Meski sudah diluncurkan, mobil listrik ini belum dijual resmi, harganya pun belum dirilis oleh pihak MG Motor Indonesia.

Dijelaskan Marketing and PR Director MG Motor Indonesia Arief Syarifudin, mobil listrik MG ZS EV saat ini masih dalam tahap sosialisasi ke potential buyer di Indonesia. Jika responsnya positif, bukan tidak mungkin MG ZS EV dipasarkan dengan segera.

"Kami ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia terlebih dahulu supaya mereka bisa merasakan dan mencoba terlebih dahulu apa yang akan mereka dapatkan (di mobil listrik ini)," kata Arief, di sela-sela peluncuran MG HS i-Smart, di Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Morris Garage ZS EVMorris Garage ZS EV Foto: Pool (Morris Garage)

"Sehingga pada saat nanti kita sudah melakukan peluncuran dan juga kita labeling dengan harga, yang ingin kita dapatkan insight satisfaction (kepuasan pengetahuan tentang produk) konsumen kita. Untuk rencana penjualan, kalau ini sudah direcognise (dikenali) sebagai produk yang baik, nanti akan ada suatu produk yang lain, di mana saya bicaranya mobil listrik yang itu sama-sama akan dijual. Jadi dalam waktu dekat (akan kami perkenalkan)," terang Arief.

Bicara spesifikasi, ukuran MG ZS EV sama dengan versi bensin, mobil ini memiliki dimensi panjang 4.314 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.624 mm, dengan jarak sumbu roda 2.585 mm.

Melirik spesifikasi jantungnya, MG ZS EV dibekali baterai Lithium-Ion berkapasitas 44,5 kWh yang menyalurkan tenaga ke motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor di bagian depan.

Tenaga dari motor listrik tersebut bisa mengeluarkan 110 kilowatt atau 150 dk dan torsinya mencapai 350 Nm. Mobil ini bisa berlari dari titik nol hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 8,2 detik.

Sementara untuk pengisian baterai pengisian cepat dari kosong hingga 80 persen bisa memakan waktu 30 menit , sedangkan untuk pengecasan normal hingga penuh diklaim dalam waktu 6,5 jam. Diklaim, MG ZS EV dapat melaju sejauh 335 kilometer saat baterai terisi penuh.

Morris Garage ZS EVMorris Garage ZS EV Foto: Pool (Morris Garage)

Soal harga, bila melirik harga MG ZS EV di Thailand dijual sekitar 1.190.000 baht atau setara Rp 552 jutaan. Bagaimana di Indonesia?

Harga MG ZS EV memang belum resmi diumumkan. Namun harga dasar mobil listrik ini sudah bisa diketahui. Dalam lampiran Permendagri Nomor 1 tahun 2021, MG ZS EV tertera memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sebesar Rp 413 juta dan Dasar Pengenaan Pajak (DPP) Rp 433,6 juta. Sedangkan Hyundai Kona Electric memiliki harga NJKB Rp 476 juta dan DPP Rp 499,8 juta.



Simak Video "Ambisi Morris Garage Ambil User CR-V dan Mazda CX-5"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)