Mobil Presiden Rusia Vladimir Putin Bisa Dibeli, Harganya Rp 3,5 Miliar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 03 Jun 2021 07:38 WIB
Mobil Vladimir Putin yang akan Diproduksi Massal
Mobil Vladimir Putin yang akan Diproduksi Massal. Foto: Istimewa.
Moscow -

Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan mobil limosin yang cukup mewah buatan negaranya sendiri. Namanya Aurus Senat. Kini, mobil mewah tersebut telah resmi memasuki lini produksi di sebuah pabrik di Yelabuga, Rusia.

Dilansir Carscoops, limosin yang menjadi mobil Presiden Vladimir Putin ini awalnya dijadwalkan untuk diproduksi pada 2020 setelah debutnya di Geneva Motor Show 2019. Namun produksinya tertunda dan baru terlaksana sekarang.

Produsen mobil baru ini dimiliki oleh NAMI, kependekan dari Central Scientific Research Automobile and Automotive Engine Institute Rusia. Aurus Motors dikembangkan sebagai proyek prestise untuk kendaraan kepresidenan. Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi kekuatan pendorong utama untuk menaikkan nama Aurus Senat.

Menteri Perindustrian Rusia Denis Manturov mengatakan bahwa sekitar 200 hingga 300 unit Senat Aurus akan diproduksi tahun in. Hal itu diberitakan surat kabar Vedomosti.

Mobil Vladimir Putin yang akan Diproduksi MassalMobil Vladimir Putin yang akan Diproduksi Massal Foto: Istimewa

Dikutip Reuters, Aurus Senat versi termurah dijual dengan harga 18 juta rubel. Kalau dirupiahkan sekitar Rp 3,5 miliar.

Aurus memproduksi dua varian Senat. Di antaranya model L700 yang lebih besar dibuat hanya untuk digunakan oleh pejabat negara dan Senat S600, model yang ditawarkan kepada pelanggan tetap. Produsen mobil Rusia itu juga akan menawarkan versi SUV dan model Convertible.

Mobil mewah buatan Rusia yang akan menjadi penantang Bentley dan Rolls-Royce ini hadir dengan mesin hybrid twin-turbo 4,4 liter berkonfigurasi V8. Mesin itu dikembangkan bersama dengan Porsche. Tenaganya mencapai 590 daya kuda dengan torsi maksimal 880 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis sembilan percepatan dan permanent all-wheel-drive system. Aurus menyebut, rencananya akan ada juga pilihan mesin V12.

Pelanggan dapat memilih konfigurasi dua kursi untuk penumpang belakang, dengan dua kursi yang dapat direbahkan, kulkas mini, meja bergaya pesawat, serta lapisan kulit dan kayu.



Simak Video "Diskusi 'Dua Kekuatan Besar' AS-Rusia Dimulai"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)