Segini Harga The Beast, Mobil Dinas Presiden Joe Biden

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 21 Jan 2021 20:32 WIB
President Joe Biden and First Lady Jill Biden, ride near the White House during a Presidential Escort to the White House, Wednesday, Jan. 20, 2021 in Washington.  (Doug Mills/The New York Times via AP, Pool)
Mobil dinas Presiden Joe Biden. Foto: AP/Doug Mills
Washington -

Setelah dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden berhak menggunakan mobil kepresidenan. Presiden AS ke-46 itu menggunakan mobil dinas berjuluk The Beast warisan dari Donald Trump.

Sebagai mobil presiden dengan perlindungan kelas wahid, mobil ini tentunya tidak murah. Berapa sih harga mobil dinas Presiden AS ini?

Saat penyerahan Cadillac One terbaru dari GM kepada Secret Service untuk Donald Trump pada 2018 lalu, NBC News memberitakan bahwa limosin ini menghabiskan biaya sebesar US$ 1,5 juta. Jika dirupiahkan berarti harga The Beast tunggangan Joe Biden ini senilai Rp 21 miliar (kurs US$ 1=Rp 14.000).

Harga itu bahkan 104 kali lipat lebih mahal dibanding harga Toyota Avanza tipe terendah saat ini.

Sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan riset otomotif Inggris, MotorEasy menyebutkan, mobil dinas Presiden AS ini merupakan salah satu mobil pemimpin negara termahal di dunia. Mobil Joe Biden ini lebih mahal daripada mobil Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Meski begitu, mobil dinas Presiden AS masih lebih murah dibanding mobil Ratu Elizabeth II, Pemimpin Korea Utara, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

President Joe Biden waves as he rides in the presidential limousine following his inauguration, Wednesday, Jan. 20, 2021, at the U.S. Capitol in Washington.(Rod Lamkey/Pool Photo via AP)President Joe Biden waves as he rides in the presidential limousine following his inauguration, Wednesday, Jan. 20, 2021, at the U.S. Capitol in Washington.(Rod Lamkey/Pool Photo via AP) Foto: AP/Rod Lamkey

Cadillac One ini memiliki bobot sekitar 6,3 ton hingga 9 ton. Untuk mobil seberat ini, mesin diesel 5.000 cc menjadi andalannya. Alasan pemilihan mesin diesel untuk mobil Presiden Amerika Serikat adalah karena durabilitasnya. Disebutkan, bahan bakar solar memiliki volatilitas rendah yang mengurangi risiko meledak.

Untuk keamanan kepala negara, mobil dibekali dengan bodi antipeluru. Pintu mobil berlapis baja dengan ketebalan sekitar 20 cm. Jendelanya juga antipeluru dengan lapisan polikarbonat dan kaca setebal 12 cm. Konstruksi yang kokoh ini memberi mobil ini interior yang sangat aman bagi Presiden Amerika Serikat.

Sasis mobil dibuat dari pelat baja kuat tahan karat. Sasis dirancang khusus untuk bisa menahan serangan bom. Tangki bahan bakar juga antipeluru dan dilapisi dengan busa khusus jika terjadi ledakan.

Ban mobil dinas Joe Biden berbahan keras, Kevlar dan tahan tusukan. Jika ban diserang, mobil tetap bisa berjalan. Itu juga didukung pelek baja tahan karat kuat yang memungkinkan untuk melaju dengan kecepatan tinggi jika ban mengalami kerusakan dalam serangan apa pun.

Mobil dinas kepresidenan Joe Biden memiliki suplai oksigen sendiri di dalam kabin. Untuk komunikasi, di dalamnya terdapat telepon satelit yang bisa terhubung langsung dengan Wakil Presiden dan Pentagon, markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Untuk keadaan darurat, mobil Presiden Amerika Serikat menampung kantong darah dengan golongan darah Presiden.



Simak Video "Saling Demo Kubu Trump dan Biden Soal Anggaran AS"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)