Mobil Pemimpin Negara Termahal dan Termurah, Ada yang Cuma Rp 27 Juta

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 01 Feb 2021 09:10 WIB
Bentley State Ratu Elizabeth II
Bentley State Ratu Elizabeth II. Foto: Bentley
Jakarta -

Tak dimungkiri, mobil dinas pemimpin negara dibanderol mahal yang menjamin keamanan kalangan VIP tersebut. Mobil mewah berlapis baja dan tahan peluru kerap menjadi pilihan sebagai mobil pemimpin negara.

Tapi, tak semua pemimpin negara menggunakan mobil mewah yang mahal. Ternyata ada juga lho pemimpin negara yang cuma pakai mobil jadul dengan harga murah.

Laman Motor Easy menyajikan hasil studinya mengenai mobil pemimpin negara termahal dan termurah di dunia. Studi itu membandingkan harga mobil pemimpin negara dengan harga mobil paling laris di negara yang dipimpinnya.

Yang pertama sekaligus yang termahal adalah pemimpin Inggris Ratu Elizabeth II. Dilaporkan, Ratu Elizabeth II menggunakan mobil dinas Bentley State Limousine.

Motor Easy menyebut, mobil dinas Bentley State Limousine Ratu Elizabeth II itu dibanderol 10 juta poundsterling atau setara dengan Rp 192,4 miliar. Mobil Ratu Elizabeth II itu lebih mahal 610 kali lipat dari mobil terlaris di Inggris, Ford Fiesta seharga 16.385 poundsterling.

Mercy Kim Jong UnMercy Kim Jong Un Foto: Screenshot Youtube Daily Mail

Selanjutnya ada mobil dinas pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un. Kim Jong-Un disebut menggunakan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil itu memiliki harga 1,2 juta poundsterling atau setara Rp 23 miliar. Mobil Kim Jong-Un itu 300 kali lipat lebih mahal dari mobil terlaris di negaranya, GAZ 24 Volga seharga 4.000 poundsterling.

Setelah resmi dilantik kembali menjadi Presiden Rusia, Vladimir Putin kembali menarik perhatian dengan menaiki mobil Limosin terbarunya jenis 'Senate Limousine'. Mobil Senate Limousine tersebut memiliki panjang enam meter. Menggendong mesin yang dikembangkan oleh tim mekanik pabrikan mobil mewah Porsche. Mobil tersebut dikembangkan sejak 2013, dan menelan dana hingga 12,4 miliar rubel, atau sekitar Rp2,7 triliun. Sputnik/Sergei Savostyanov/Pool via REUTERSSetelah resmi dilantik kembali menjadi Presiden Rusia, Vladimir Putin kembali menarik perhatian dengan menaiki mobil Limosin terbarunya jenis 'Senate Limousine'. Mobil Senate Limousine tersebut memiliki panjang enam meter. Menggendong mesin yang dikembangkan oleh tim mekanik pabrikan mobil mewah Porsche. Mobil tersebut dikembangkan sejak 2013, dan menelan dana hingga 12,4 miliar rubel, atau sekitar Rp2,7 triliun. Sputnik/Sergei Savostyanov/Pool via REUTERS Foto: Reuters

Kemudian Vladimir Putin menggunakan mobil dinas Aurus Senat buatan negaranya. Mobil Putin itu memiliki harga 440.000 poundsterling (Rp 8,4 miliar). Mobil Putin 106 kali lebih mahal daripada mobil terlaris di negaranya, Lada Granta seharga 4.149 poundsterling.

Sementara menurut penemuan Motoreasy, pemimpin yang paling rendah hati adalah Jose Mujica, mantan presiden Uruguay. Jose Mujica bahkan menggunakan mobil pemimpin negara paling murah. Memilih untuk tidak tinggal di istana presiden, Mujica juga memanfaatkan Volkswagen Beetle 1987 miliknya.

Mantan Presiden Uruguay, Jose Mujica, yang hanya pakai mobil butut VW BeetleMantan Presiden Uruguay, Jose Mujica, yang hanya pakai mobil butut VW Beetle Foto: Dok. BBC

Mobil VW Beetle yang digunakan Jose Mujica untuk dinas memiliki nilai 1.399 poundsterling (Rp 27 jutaan). Malah, mobil mantan pemipin negara Uruguay itu 4 kali lebih murah daripada mobil terlaris di negara tersebut, Suzuki Celerio yang dibanderol 6.490 poundsterling.

Pemimpin negara lain yang juga tak menggunakan mobil mewah adalah Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern. PM Selandia Baru itu menggunakan mobil listrik Hyundai Ioniq seharga 23.840 poundsterling (Rp 460 jutaan). Mobil Jacinda Ardern itu setara dengan harga mobil terlaris di negaranya, Ford Ranger.



Simak Video "KPK soal Mobil Dinas Pimpinan: Tunjangan Transportasi Akan Dihapus"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)