5 Alasan Daihatsu Rocky Cocok Dikendarai di Indonesia

Yudistira Imandiar - detikOto
Rabu, 02 Jun 2021 23:15 WIB
Daihatsu Rocky
Foto: Daihatsu
Jakarta -

Daihatsu Rocky muncul di Indonesia sebagai compact SUV dengan fitur modern yang cukup kaya. Desain dan kelengkapan mobil ini disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

"Daihatsu Rocky menjadi jawaban bagi mereka yang mencari mobil impian dengan desain yang stylish, sederet fitur terkini, dan harga yang bersaing. Daihatsu Rocky sangat cocok dikendarai dan memberi kebanggaan bagi penggunanya. Daihatsu Rocky Sahabat Eksis!," ujar Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangan tertulis, Rabu (2/6/2021).

Ada beberapa hal yang membuat mobil ini layak dipilih untuk konsumen Indonesia yang butuh mobil kompak dan efisien.

1. Dimensi Tak Terlampau Besar

Secara dimensi, mobil ini ramah bagi jalanan Indonesia yang terkadang harus melewati gang sempit. Daihatsu Rocky yang mengusung platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) memiliki dimensi keseluruhan PxLxT (mm) 4.030 x 1.710 x 1.635. Dengan ground clearance setinggi 200 mm, radius putar 5,1 meter, serta sistem kemudi bertipe EPS (Electric Power Steering), membuat Rocky cocok dikendarai di berbagai kondisi jalan.

2. Desain Gagah

Di sektor eksterior, Daihatsu Rocky memiliki lampu depan dan belakang LED. Terpasang juga rear spoiler with High Mount Stop Lamp (HMSL) yang menjadi pemanis area buritan.

Untuk menunjang tampilan kaki-kaki Rocky, Daihatsu memasangkan polished alloy wheel berdiameter 17 inci dilapis ban ukuran 205/60 R17. Perpaduan velg dan ban itu memunculkan kesan gagah pada mobil SUV mungil.

3. Berlimpah Fitur Modern

Menengok interiornya, ada berbagai fitur modern yang bisa didapati. Ada full digital meter cluster yang memuat informasi kecepatan, level bensin, konsumsi BBM, dan sebagainya. Terdapat 4 mode tampilan layar panel meter yang dapat dipilih sesuai dengan selera penggunanya.

Tak ketinggalan, fitur keselamatan juga jadi poin plus pada Daihatsu Rocky. Fitur keselamatan canggih ini dikemas dalam Advance Safety Assist (A.S.A) dengan 6 fungsi, di antaranya Pre-Collision Warning (peringatan jika akan terjadi tabrakan), Pre-Collision Braking (pengereman otomatis sebelum terjadi tabrakan), Pedal Misoperation Control (pencegah kecelakaan akibat pengemudi salah injak pedal gas seharusnya pedal rem), Front Departure Alert (peringatan jika ada kendaraan lain di depan), Lane Departure Warning (peringatan mobil keluar lajur), dan Lane Departure Prevention (koreksi setir jika mobil keluar lajur tanpa disengaja). Keselamatan di dalam kabin ditopang dua airbag di posisi supir dan penumpang.

Fitur A.S.A bekerja dengan menggunakan sensor yang terdapat pada stereo camera di kaca depan yang dapat mendeteksi objek di depan mobil, lalu memberikan peringatan jika mobil dalam potensi bahaya.

Daihatsu RockyDaihatsu Rocky Foto: Daihatsu

Kamera mundur dan sensor sonar sudah jadi kelengkapan standar mobil ini. Daihatsu Rocky juga andal untuk melibas jalur yang sedikit menantang. Sebab, di mobil ini sudah terdapat fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), dan tentunya dilengkapi ABS.

Urusan multimedia dan navigasi, mobil ini sudah dilengkapi head unit touchscreen berukuran 9 inci yang dapat terhubung dengan smartphone. Khusus pada varian ADS (Astra Daihatsu Styling), terdapat active subwoofer 8 inci di bawah kursi pengemudi, menghasilkan audio yang memanjakan telinga.

4. Fungsionalitas Baik

Untuk memberikan kepraktisan semua penumpang, Daihatsu memberikan sejumlah tempat penyimpanan fungsional di kabin Rocky. Mulai dari laci penyimpanan pada kursi penumpang depan, seat under tray, front console storage, front console box, door pocket bottle holder, serta folded cup holder.

Dalam hal fungsionalitas dan keamanan, Daihatsu Rocky terbilang mumpuni. Tersedia fitur Auto retractable mirror, Key Free, dan Start/Stop Button.

Menyesuaikan kebutuhan konsumen yang butuh ruang kargo memadai, Daihatsu Rocky memiliki bagasi yang bisa diatur menjadi 2 tingkat dengan kapasitas 303 L dan 369 L. Jika butuh ruang lebih besar untuk membawa barang, kursi pada baris kedua dapat dilipat hingga nyaris rata dengan lantai.

5. Irit BBM

Daihatsu Rocky saat ini hadir dengan satu pilihan mesin, yakni 1.000 cc 3 silinder Turbocharger dengan tipe mesin 1KR-VET. Mesin 1.0L ini juga dilengkapi dengan teknologi transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) terbaru Daihatsu, yaitu Dual Mode CVT, yang menghadirkan pengalaman berkendara yang halus, responsif, sekaligus tetap hemat bahan bakar. Berdasarkan pengujian internal Daihatsu, konsumsi BBM Daihatsu Rocky bisa mencapai 23 km/liter.

Daihatsu Rocky 1.0L TC hadir dalam dua pilihan warna spesial, yakni compagno red dan shining pearl white, serta empat varian warna regular, yaitu classic silver metallic, dark grey metallic, ultra black solid, dan yellow metallic. Ada 5 trim level yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 224,4 juta hingga Rp 250,7 juta (OTR Jakarta).

(ads/ads)