Ketangkap Kamera, Toyota GR Yaris Diuji di Tol Trans Jawa

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 02 Jun 2021 13:57 WIB
Toyota GR Yaris mulai diuji di jalan tol Trans Jawa
Toyota GR Yaris mulai diuji di tol Trans Jawa Foto: Istimewa/Pembaca detik Otomotif
Jakarta -

PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah membuka keran pemesanan Toyota GR Yaris untuk Indonesia. Mobil buatan Jepang ini dipastikan dijual terbatas hanya 126 unit dan diberi harga pada kisaran Rp 750-850 juta. Kini mobil ini pun terus diuji coba di jalanan Indonesia termasuk di jalan bebas hambatan atau Tol Trans Jawa.

Diujinya Toyota GR Yaris di tol Trans Jawa langsung diabadikan oleh Pembaca detikOto. Dirinya tidak pernah menyangka ternyata bisa bertemu Toyota GR Yaris.

"Foto ini saya ambil pada hari Senin (31/5/2021) di rest area 282 Tegal, saat berada di jalan tol akselerasinya kencang, selain itu mobil ini ada sensor depannya, kalau ngebut di depannya ada mobil ini bisa ngerem otomatis. Selain itu mobil ini dikatakan kalau kena marka garis putih putus-putus setir kemudi bisa meluruskan kendaraan," cerita pembaca detikOto saat bertanya kepada si pengendara Toyota GR Yaris.

"Tapi sayang banget si pengendara Toyota GR Yaris ini tidak mengaku bahwa yang dikendarai dirinya adalah Toyota GR Yaris," tambahnya.

Toyota GR YarisIlustrasi Toyota GR Yaris Foto: Response

Sebagai informasi tambahan Toyota GR Yaris di Indonesia akan hadir di Indonesia dengan kisaran harga Rp 750-850 juta. Namun, belum bisa dipastikan harga tepat untuk GR Yaris di Indonesia.

Sebelum Indonesia Toyota GR Yaris sudah meluncur terlebih dahulu di Thailand. Jika berkaca pada GR Yaris yang dijual di Thailand, mobil ini menggendong mesin tipe G16E-GTS tiga silinder 12 katup DOHC. Mesinnya berkapasitas 1.618 cc.

Mesin mampu menyemburkan tenaga hingga 261 PS pada 6.500 rpm. Torsi maksimalnya mencapai 360 Nm pada 3.000-4.000 rpm. Mesin dihubungkan dengan transmisi manual enam percepatan. Toyota menyebutnya dengan transmisi Intelligent Manual Transmission (iMT) enam percepatan dengan rev-matching function. Tenaga disalurkan ke roda melalui sistem GR-Four AWD.

Toyota GR Yaris BlackIlustrasi Toyota GR Yaris Black Foto: Toyota

Untuk bagian kaki-kaki, Toyota GR Yaris hadir dengan suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang double wishbone. Rem depan dan belakangnya sudah dilengkapi dengan ventilated disc brake.

Mobil ini dilengkapi velg alloy berukuran 18 inci. Velg itu dibungkus ban berukuran 225/40 R18.



Simak Video "Diskon PPnBM 100% Diperpanjang, Segini Harga Mobil Baru Toyota"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)