Jeep Berhasil Jegal Penjualan Mobil India yang Desainnya Mirip

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 23 Mei 2021 15:12 WIB
Mahindra Thar
Mahindra Thar yang desainnya mirip Jeep Wrangler. Foto: Mahindra
Jakarta -

Jeep kini tengah bernafas lega. Mahindra Thar, mobil SUV four-wheel-drive (4x4) yang disebut mirip dengan Jeep Wrangler dilarang beredar di Australia.

Ini buntut usaha Jeep yang meminta agar pabrikan mobil India itu tak mengimpor mobilnya ke negeri kanguru. Federal Court of Australia memutuskan telah melarang Mahindra Thar dengan desain sekarang untuk diimpor ke Australia.

Dikutip dari Caradvice, Minggu (23/5/2021) pengacara yang mewakili Mahindra di Australia setuju di Pengadilan Federal bahwa pabrikan tidak akan mengimpor, memasarkan atau menjual model kendaraan Thar yang dirilis di India tahun lalu. Lebih lanjut pihaknya menyetujui persyaratan tertentu jika perusahaan berencana untuk mengimpor kemungkinan varian masa depan dari kendaraan Mahindra Thar.

Keputusan Pengadilan Federal menyebutkan bahwa Mahindra setuju untuk memberikan "pemberitahuan tertulis setidaknya 90 hari" kepada Jeep sebelum mengajukan aplikasi untuk mengesahkan Mahindra Thar atau varian yang akan datang untuk dijual di Australia.

Mahindra TharMahindra Thar yang mirip Jeep Wrangler. Foto: Mahindra

"Upaya Mahindra ke Pengadilan Federal berarti bahwa tidak akan ada litigasi yang tidak perlu terkait dengan kasus yang diajukan oleh (Jeep) di Australia untuk model Thar yang tersedia di India. Saat kami mengembangkan model khusus untuk pasar (Australia), kami akan memberikan pemberitahuan yang diperlukan kepada (Jeep)," bunyi pernyataan perwakilan Mahindra Australia.

Tapi bukan tidak mungkin Mahindra tetap meluncurkan model lain atau SUV 4x4 ke depannya dengan kustomisasi khusus pasar Australia.

Mahindra TharMahindra Thar Foto: Mahindra

"Tidak ada hubungannya dengan rencana kami (di Australia) karena kami terus mengupayakan perluasan bisnis kami yang dipertimbangkan dan dikelola di sejumlah kategori kendaraan," sambung pernyataan tersebut.

Well, ini bukan kali pertama Jeep dan Mahindra berseteru. Pada 2019, Jeep pernah menggugat Mahindra karena menjual Mahindra Roxor di pasar Amerika Serikat antaran desainnya mirip dengan Willys CJ. Pengadilan memutuskan Mahindra bersalah atas pelanggaran merek dagang. Tetapi perusahaan India itu kembali ke tim desain, mengubah beberapa elemen, menyebutnya UTV, dan memenangkan hak untuk menjualnya produknya.



Simak Video "Menjajal Jeep Wrangler Rubicon di On Road dan Off Road"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)