Kenapa Pengendara Fortuner-Pajero Sering Arogan? Mungkin Ini Jawabannya

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 21 Mei 2021 11:15 WIB
Viral! Pengendara Fortuner Acungkan Pistol di Duren Sawit
Viral! Pengendara Fortuner Acungkan Pistol di Duren Sawit. Foto: Istimewa.
Jakarta -

Pengguna mobil besar seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport sering dicap arogan. Memang tak semuanya, tapi oknum pengendara Fortuner dan Pajero Sport yang arogan membuat citra pengguna kendaraan itu menjadi jelek di mata masyarakat.

Kemarin, viral pengendara Fortuner menggunakan pelat nomor dinas Polri palsu. Praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menilai penggunaan pelat nomor polisi palsu ini kemungkinan dimanfaatkan pengendara itu supaya tidak kena macet. Kenapa banyak oknum pengendara Fortuner dan Pajero Sport yang arogan?

Menurut Sony, kendaraan dengan jenis tertentu bisa dimanfaatkan pengendara tidak sesuai fungsinya. Untuk menjadi arogan di jalan, kata Sony, memang salah satunya memerlukan kendaraan yang tinggi, kuat dan besar.

"Bahkan warna dapat mempengaruhi juga. Sehingga pengemudi lain malas dekat-dekat mencari masalah, bukan ciut ya," kata Sony kepada detikcom, Jumat (21/5/2021).

Dia menyebut, karakter kendaraan, warna dan modifikasi dapat mencerminkan pemiliknya. Kata dia, ada beberapa karakter kendaraan yang bisa menimbulkan arogansi pengemudinya.

"Berbentuk tinggi akan terlihat lebih mampu menjangkau semuanya, sehingga merasa memiliki kelebihan dari kendaraan lainnya. Berbentuk besar, pengemudi merasa lebih harus mendapat prioritas dari yang lainnya. Berbentuk kokoh, membuat pengemudi lebih secure apabila harus kontak fisik," sebut Sony.

"Itu kenapa mobil-mobil yang kecil jarang arogan," sambungnya.

Banyak kasus yang viral pengendara SUV ladder frame itu yang arogan. Bahkan, ada pula kendaraan jenis itu yang menggunakan strobo dan sirine, padahal bukan mobil yang mendapat hak utama di jalan raya sesuai undang-undang.

"Ada beberapa jenis kendaraan yang digunakan oleh pihak TNI/Polri sebagai alat transportasi kedinasan dan beberapa dilengkapi alat bantu seperti stobo, pelat nomor dan warna khusus. Masyarakat atau oknum yang tidak bertanggung jawab dalam hal ini banyak memanfaatkan kondisi ini untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas kelancaran di jalan umum, sehingga segala cara dilakukan supaya tidak kena macet, menerobos barikade dan lain-lain," kata Sony.



Simak Video "Toyota Fortuner Baru Dapat Diskon PPnBM 50%, Harganya Jadi Segini "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)