Ini Perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia dengan Versi Jepang

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 02 Mei 2021 16:10 WIB
Daihatsu Rocky
Daihatsu Rocky. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Daihatsu Rocky resmi diluncurkan di Indonesia. Jika dilihat sekilas, Daihatsu Rocky versi Indonesia dan Jepang terlihat tidak berbeda secara signifikan. Tapi menurut penjelasan Daihatsu Indonesia, ternyata ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Seperti disampaikan Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, beberapa waktu lalu, pada prinsipnya, secara keseluruhan tidak ada perbedaan siginifikan antara Daihatsu Rocky Jepang dan Indonesia.

"Tapi memang secara styling, tampang muka Daihatsu Rocky yang ada di Indonesia sedikit berbeda dengan Daihatsu Rocky yang ada di Jepang, khususnya di area foglamp (lampu kabut)," kata Anjar, dalam konferensi pers virtual, belum lama ini.

Lebih jelasnya, pada bagian housing foglamp Daihatsu Rocky versi Jepang memiliki tambahan lampu LED berbentuk vertikal. Sementara di Rocky Indonesia lampu LED tersebut tidak ada.

Perbedaan lainnya menurut Anjar, ada di sektor dimensi, tapi ini tidak signifikan. "Karena itu lebih dipengaruhi perbedaan ukuran ban untuk Rocky di Jepang dan Rocky di Indonesia. Dan mungkin ada sedikit ketebalan bumper belakang yang membuat Rocky di Indonesia seakan-akan lebih panjang. Namun secara keluasan (kabin) Rocky Jepang dengan Indonesia itu sama," sambung Anjar.

Perbedaan dimensi yang tidak signifikan itu dipengaruhi oleh pemilihan ban. "Ban yang di Indonesia menggunakan tipe 205 dengan ring 16 itu agak sedikit lebih lebar, dam sedikit lebih tinggi. Pemilihan ban juga disesuaikan dengan demografi," terang Anjar.

"Terkait dengan feature, juga merupakan hal yang sama. Fitur-fitur yang disematkan disesuaikan dengan target customer dan demografi di masing-masing negara," tukasnya.



Simak Video "It's Time To Rock! Daihatsu Rocky Meluncur di Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)