Daihatsu Rocky Diproduksi di Indonesia, Pabrikan Gelontorkan Rp 1,7 Triliun

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 02 Mei 2021 09:07 WIB
Jakarta -

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi memperkenalkan Rocky di Indonesia. Daihatsu Rocky yang dijual di Tanah Air sudah diproduksi secara lokal, dengan local purchase di atas 60%. Untuk bisa memproduksi Rocky, pabrikan telah menggelontorkan uang lebih dari Rp 1 triliun rupiah.

Sebagai informasi, selain memproduksi Rocky, Daihatsu juga akan memproduksi Raize untuk Toyota. Daihatsu Indonesia juga akan menyuplai Toyota Raize untuk pasar global, dengan mengekspor ke sekitar 50 negara.

Dijelaskan oleh Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director ADM, Amelia Tjandra, kehadiran Rocky tidak akan menggangu produksi mobil Daihatsu yang sudah existing sebelumnya.

"Di pabrik Astra Daihatsu Motor kami menerapkan fleksibel production. Jadi line produksi di Daihatsu sangat canggih. Ini bisa di-combine modelnya, bisa di-combine variannya, mau warna apapun, mau model apapun, semua salam satu line. Sehingga penambahan satu model baru, Daihatsu Rocky, bisa ditambahkan dalam line ini tanpa mengorbankan model-model yang lain," kata Amel, dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (30/4/2021).

Amel juga menjelaskan jika perlu dana hingga triliunan rupiah untuk dapat memproduksi Daihatsu Rocky di Tanah Air.

"Untuk memproduksi Daihatsu Rocky, dibutuhkan atau sudah dikeluarkan investasi sebesar Rp 1,7 T untuk tooling-nya, bukan untuk line produksi. Line produksi tidak ada penambahan, tetapi tooling kami persiapkan sehingga Daihatsu Rocky bisa diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor," sambung Amel.

Daihatsu Rocky sendiri akan diproduksi di plant Karawang bersama Sigra dan Ayla. Sementara di plant Sunter, Daihatsu tetap memproduksi Xenia, Terios, Gran Max, dan Luxio.

Daihatsu Rocky mulai diproduksi sejak akhir April 2021 dan akan didistribusikan mulai akhir April 2021 atau awal Mei 2021 ke dealer-dealer Daihatsu di Indonesia. Sementara untuk pasar ekspor, Daihatsu Rocky baru didistribusikan pada Agustus 2021.

(lua/riar)