Diskon PPnBM dari Maret, Kenapa Rocky Baru Meluncur Sekarang Daihatsu?

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 01 Mei 2021 17:20 WIB
Daihatsu Rocky
Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Daihatsu Rocky akhirnya diperkenalkan dan dijual resmi di Indonesia. Tapi yang menjadi pertanyaan, kenapa mobil SUV mini ini baru diluncurkan akhir April 2021? Padahal Rocky menjadi salah satu mobil yang mendapat kebijakan diskon PPnBM yang berlaku sejak bulan Maret lalu.

Dijelaskan oleh Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, Daihatsu Rocky memang baru bisa dipasarkan sekarang lantaran membutuhkan proses untuk sampai pada produk massal.

"Kenapa kami meluncurkannya baru sekarang, di akhir bulan April? Padahal PPnBM relaksasi sudah berjalan sebulanan. Jadi dalam membuat mobil, kami melakukan beberapa proses. Dimulai dari survey kebutuhan konsumen dan keinginan konsumen," kata Amel dalam konferensi pers secara virtual, beberapa waktu lalu.

"Dari situ tim R & D kemudian melakukan desain baik untuk styling maupun engineering-nya. Sesudah itu desain ini dibikin prototipe, sesudah jadi kemudian dilakukan testing. Setelah semua oke, baru disiapkan produksinya. Setelah produksi siap, baru dilakukan mass production," sambung Amel.

Daihatsu RockyDaihatsu Rocky Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Menurut Amel, semua proses persiapan produksi dilakukan pada bulan Februari, di mana pemerintah resmi mengeluarkan kebijakan relaksasi PPnBM untuk pembelian mobil baru.

"Semua proses ini sudah kami lakukan sejak lama. Di akhir atau di pertengahan Februari, di mana kami melakukan production preparation, pemerintah mengumumkan akan ada relaksasi PPnBM mulai Maret. Dan karena ini berbarengan dengan proses produksi untuk Rocky, maka kami memutuskan mengecek, apakah Rocky akan mengikuti PPnBM, ternyata bisa karena kandungan lokalnya sudah di atas 60%. Dan kami pun membuka SPK dan penjualannya mulai hari ini (30 April 2021)," jelas Amel.

Daihatsu Rocky 1.0L memiliki 5 varian yang tersedia di semua outlet Daihatsu di seluruh Indonesia, dengan harga mulai dari Rp 214.200.000 hingga Rp 236.100.000. Harga tersebut merupakan harga yang sudah disesuaikan dengan diskon PPnBM 0 persen.

Daihatsu RockyDaihatsu Rocky Foto: Luthfi Anshori/detikOto


Simak Video "It's Time To Rock! Daihatsu Rocky Meluncur di Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)