Bengkel Ini Gratiskan Tune Up Mobil Kalau Bisa Ngaji, Tarif Normal Rp 350 Ribu

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 29 Apr 2021 12:22 WIB
Gratis jasa servis motuba
Gratis tune up motuba Foto: Ridwan Arifin
Depok -

Fajar Gumbira (35) dan Sriyono (55) pemilik bengkel Car Automodified X KMS Motor menyediakan program khusus bebas biaya jasa tune up bagi pemilik motuba, -- julukan mobil tua--. Program ini berlangsung hanya saat di bulan Ramadhan saja.

Syaratnya pemilik motuba tinggal menyetorkan hafalan surat pendek Al-Quran di bengkel yang terletak di Hankan, Jl. Dahlia, Cimanggis, Depok, Jawa Barat ini. Keuntungan yang didapat ialah bebas jasa tune up mobil. Apa saja perawatan yang diberikan dari jasa servis tune up motuba gratis ini?

"Pengerjaan tune up itu di antaranya pembersihan busi, filter-filter udara, kalau mobil karburator nanti kita setelin karburatornya, jika masih pakai platina kita setel platinanya," kata Sriyono saat ditemui detikcom, Rabu (28/4/2021).

Tune up atau servis ringan biasa dilakukan supaya mobil tetap dalam kondisi prima. Memang kalau tidak digratiskan, berapa sih biaya tune up di bengkel Car Automodified X KMS Motor ini?

"Kalau tune up kisaran Rp 150 ribu - Rp 350 ribu, tergantung dengan tipe mobilnya," ungkap Sriyono.

Nah, lumayan kan bagi pemilik mobil tua yang memenuhi syarat. Oiya ini hanya berlaku bagi mobil yang sudah berumur 10 tahun ke atas. Fajar mengatakan sejauh ini belum ada konsumen yang datang menjajal promo tersebut lantaran cakupannya masih terbatas, baru ke konsumen lama alias langganan. Untuk jam operasionalnya, bengkel ini buka dari pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB, sedangkan hari Jumat libur.

Sriyono mengakui penghasilan dari bengkel yang menghidupi 13 karyawan itu menurun sejak pandemi. Apalagi tahun ini pemerintah melarang mudik lagi. Tapi tak menyurutkan bengkelnya untuk menebar kabar menggembirakan bagi pemilik motuba.

"(Bengkel sepi) karena kondisi kayak gini, orang banyak juga yang tidak mudik juga," ungkap Sri.

"Syiar ramadhan mungkin harapannya (kondisi) membaik kan. Biasanya pelanggan banyak, walaupun nggak ada promo juga. Mau lebaran itu mobil-mobil tua yang perlu perawatan ekstra," kata pria yang sudah membuka bengkel sejak tahun 2000 ini.

Bengkel Car Automodified X KMS Motor ini juga menyediakan berbagai macam perawatan mobil, mulai dari servis ringan, overhaul atau turun mesin, pengecatan body, modifikasi body kit, engine swap, AC, dan servis power steering. Barapa kisaran biayanya?

Sriyono mengatakan untuk perawatan AC misalnya, ongkos jasa berkisar Rp 400 sampai Rp 600 ribu,

"Di antaranya pembersihan, kuras freon, itu sudah termasuk dengan pengisian freon juga," kata dia.

Bengkel ini juga menyediakan untuk cara membersihkan karbon deposit di ruang bakar dengan menggunakan carbon clean. Proses dari carbon clean itu sendiri dilakukan dengan cara memasukkan cairan atau obat carbon clean khusus ke dalam ruang bakar (langsung ke permukaan piston) lewat lubang busi menggunakan suatu alat khusus.

"Carbon, pembersihan untuk ruang bahan bakar, itu Rp 300 ribu sekali carbon," ungkapnya.

Sementara jika perlu overhaul, maka perlu mengocek jasa yang tidak sedikit, di tempatnya berkisar antara Rp 2,5 juta hingga Rp 4 juta.



Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)