Intip Ketangguhan Mesin Turbo Toyota Raize-Daihatsu Rocky

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 27 Apr 2021 07:53 WIB
Daihatsu Rocky hidup lagi
Daihatsu Rocky yang dipamerkan di Tokyo Motor Show 2019. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Mobil kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dijadwalkan meluncur pada pekan ini, tepatnya pada Jumat (30/4/2021). Mobil itu sudah meluncur terlebih dahulu di Jepang sejak 2019 lalu dan baru dijual di Indonesia tahun ini.

Salah satu yang diunggulkan dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky adalah mesin turbonya. Ya, baik Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky yang dijual di Indonesia ada yang ditawarkan dengan tipe mesin 1.000 cc turbo.

Toyota Motor Corporation (Toyota) announces that it commenced sales of the new Toyota Raize. Foto: Toyota

Sebelum memasukkan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, kedua perusahaan itu terus melakukan studi kecocokan mesin turbo untuk pasar Indonesia. Daihatsu sendiri sempat menguji mesin 1.000 cc turbo di Indonesia yang tersemat di Daihatsu Thor. Diakui mesin turbo tersebut tak ada kendala selama digunakan di Indonesia. Menurut pihak Daihatsu, mesin turbo tersebut menggunakan BBM yang beredar di Indonesia pun tak masalah.

Akhirnya, Daihatsu membawa mesin 1.000 cc turbo tersebut dalam bentuk Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Di Jepang, mesin turbo pada Raize dan Rocky itu cukup menjanjikan. Menurut informasi yang kami terima, spesifikasi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Indonesia dijanjikan sama dengan yang di Jepang.

Menurut spesifikasi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang ada di Jepang, kedua mobil itu menggendong mesin turbo 1KR-VET 3 silinder 1.000 cc. Mesin tersebut memiliki tenaga maksimal hingga 98 daya kuda pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ada yang menggunakan transmisi CVT. Penggunaan transmisi CVT itu diklaim memberikan akselerasi yang responsif dan efisien.

Berkenaan dengan efisiensi bahan bakar, Toyota Raize di Jepang model 2WD mencapai 18,6 kilometer per liter sedangkan model 4WD mencapai 17,4 kilometer per liter.

Kepada detikOto, salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta mengatakan bahwa Toyota Raize akan hadir dengan power mode, khususnya tipe-tipe tertentu. Fitur itu dapat membuat pengemudi berkendara bisa menikmati akselerasi yang lebih responsif. Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize juga memiliki fitur hill start assist yang berfungsi untuk mencegah kendaraan mundur saat di tanjakan.



Simak Video "It's Time To Rock! Daihatsu Rocky Meluncur di Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)